PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE QUANTUM TEACHING SISWA KELAS SATU MI DA’WATUL KHOIROT SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Djaenab, Siti (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE QUANTUM TEACHING SISWA KELAS SATU MI DA’WATUL KHOIROT SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulisan ini adalah sebagian besar siswa kelas satu MI Da’watul Khoirot belum bisa membaca dengan baik dan lancar, bahkan ada yang belum dapat membaca sama sekali.Untuk mengatasi permasalahan yang ada di di kelas satu MI Da’watul Khoirot pada mata pelajaran Bahasa Indonesia penulis menggunakan pembelajaran dengan metode Quantum Teaching. Dalam penulisan ini ada beberapa rumusan masalah yaitu yang Bagaimana penerapan metode Quantum Teaching dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas satu MI Da’watul Khoirot Surabaya yang kedua Apakah penggunaan metode Quantum Teaching dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas satu MI Da’watul Khoirot Surabaya.
Penulisan penelitian ini menggunakan action research atau metode penelitian tindakan yaitu kajian sistematik dalam penelitian tindakan dilakukan upaya perbaikan suatu praktek pendidikan melalui pemberian tindakan berdasarkan refleksi dari pemberian tindakan tersebut. Desain penelitian yang digunakan adalah model spiral dari Kemmis dan Taggrat. Ada bebrapa teknik pengumpulan data dalam penulisan ini, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data kualitatif yang digunakan penulis di analisis deskriptif yaitu dianalisa menggunakan rumus rata - rata dan presentase.
Berdasarkan latar belakang di atas maka penulis melakukan tindakan dengan tahapan pembelajaran Metode Quantum Teaching menggunakan kerangka rancangan ‘TANDUR’, yaitu (a) tumbuhkan, (b) alami, (c) namai, (d) demonstrasikan, (e) ulangi, dan (f) rayakan. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan penulis untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa adalah tes unjuk kerja Menggunakan instrumen soal berupa bacaan yang ada di dalam diktat/ buku "Ayo Membaca", lembar observasi siswa dan guru serta dokumentasi selama proses belajar menivitas gajar.
Berdasarkan hasil dari semua komponen dan teknik pengumpulan data dari siklus I, siklus II, dan siklus III mengalami peningkatan hasil belajar. Pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan metode Quantum Teaching dengan rata-rata hasil tes yang telah mencapai KKM pada setiap siklus mengalami peningkatan dari 23,36% meningkat menjadi 76,47% pada siklus II, dan meningkat menjadi 100%.
Dari hasil observasi pada proses pembelajaran pada siklus I sebesar 67% pada siklus II meningkat menjadi 75% dan meningkat 87%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Zudan Rosyidi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Djaenab, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode Quantum Teaching; Hasil Belajar; Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2015 03:30
Last Modified: 09 Feb 2015 03:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/413

Actions (login required)

View Item View Item