PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN TENTANG LEMBAGA EKSEKUTIF MELALUI PENERAPANSTRATEGI PEMBELAJARAN HEURISTIK PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH RIYADUL ULUM BICORONG PAKONG KABUPATEN PAMEKASAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musyrifah, Musyrifah (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN TENTANG LEMBAGA EKSEKUTIF MELALUI PENERAPANSTRATEGI PEMBELAJARAN HEURISTIK PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH RIYADUL ULUM BICORONG PAKONG KABUPATEN PAMEKASAN. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran PKn lembaga lembaga eksekutif pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Riyadul Bicorong Pakong Kabupaten Pamekasan menunjukkan bahwa hasilnya masih belum optimal, baik dari segi hasil pembelajaran maupun dari segi proses pembelajaran. Dari siswa sebanyak 15 orang, yang mencapai tingkat penguasaan materi pelajaran dengan baik sebanyak 5 orang siswa atau sebesar 30% dari keseluruhan siswa, sedangkan sebanyak 10 orang siswa atau sebesar 70% dari keseluruhan siswa masih belum mencapai tingkat penguasaan materi pelajaran dengan baik. Untuk mengatasi rendahnya hasil pembelajaran PKn kompetensi lembaga eksekutif tersebut, guru yang berkedudukan sebagai peneliti setelah melakukan diskusi dengan teman sejawat menerapkan strategi pembelajaran heuristik. Melalui penerapan pembelajaran heuristik tersebut, diharapkan pembelajaran PKn tentang lembaga eksekutif yang dilaksanakan pada siswa kelas IV dapat tercapai secara optimal, baik dari segi proses maupun dari segi hasil pembelajaran.
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui cara menerapkan strategi pembelajaran heuristik dalam meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Riyadul Ulum Bicorong Pakong Kabupaten Pamekasan, dan (2) untuk mengetahui Peningkatan hasil belajar PKn tentang lembaga eksekutif pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Riyadul Ulum Bicorong Pakong Kabupaten Pamekasan dengan menerapkan strategi pembeljaran heuristik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah PTK. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 15 orang, sedangkan objek penelitian ini adalah mata pelajaran PKn tentang lembaga eksekutif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa terhadap materi pelajaran PKn tentang lembaga eksekutif kemajuan signifikan. Nilai rata-rata pada siklus I adalah 64,1, sedangkan nilai rata-rata pada siklus II adalah 70,4. hasil prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 33,3%, sedangkan pada siklus II sebesar 86,7%. Perbandingan hasil rata-rata antara siklus I dan siklus II adalah 6,3, sedangkan perbandingan ketuntasan belajar antara siklus I dan siklus II adalah 53,4%

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nadlir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musyrifah, MusyrifahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pengajaran
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Lembaga Eksekutif; Pembelajaran Heuristik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2016 05:12
Last Modified: 26 Jan 2016 05:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/4005

Actions (login required)

View Item View Item