STUDI ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL SANG HAFIDZ DARI TIMUR KARYA MUNAWIR BORUT

Jannah, Miftakhul (2015) STUDI ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL SANG HAFIDZ DARI TIMUR KARYA MUNAWIR BORUT. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (394kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Islam merupakan pendidikan yang bertujuan untuk menumbuhkan kepribadian manusia berdasarkan atas al-Qur’an dan hadits dengan melekatkan nilai-nilai di dalamnya sebagai dasar demi mencapai tujuan hidup manusia yakni mengabdi pada Allah SWT. Nilai-nilai pendidikan Islam tersebut perlu ditanamkan sejak dini untuk menciptakan kebiasaan yang baik. Ada banyak cara menyampaikan nilai-nilai pendidikan Islam, misalnya novel. Selain mengandung hiburan, di dalamnya juga terdapat nilai-nilai yang bermakna bagi kehidupan serta dapat menimbulkan pikiran motivasi.
Novel Sang Hafidz dari Timur karya Munawir Borut merupakan salah satu novel yang di dalamnya terdapat kisah-kisah edukatif. Novel ini banyak memberikan pesan tentang nilai-nilai pendidikan Islam kepada pembacanya. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini ialah sebagai berikut: (1) Bagaimana konsep tentang nilai-nilai pendidikan Islam? (2) Bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Sang Hafidz dari Timur? Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui konsep tentang nilai-nilai pendidikan Islam. (2) Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Sang Hafidz dari Timur.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena menghasilkan data deskriptif (data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka). Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, dimana peneliti berusaha memahami subjek dari segi pandangan mereka sendiri. Sumber datanya diambil dari data primer novel Sang Hafidz dari Timur karya Munawir Borut, serta data sekunder yakni buku-buku mengenai nilai-nilai pendidikan Islam yang terkait dengan analisis isi novel Sang Hafidz dari Timur karya Munawir Borut tersebut.
Adapun kesimpulan dalam penelitian ini: pertama, nilai-nilai pendidikan Islam terkandung dalam pokok-pokok dasar pendidikan Islam yang harus ditanamkan sebagai pondasi hidup yang sesuai dengan arah perkembangan jiwa, yang mencakup tauhid/ aqidah, ibadah, akhlak, dan kemasyarakatan. Kedua, dengan merujuk cerita/ isi, maka dapat diketahui bahwa nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam novel Sang Hafidz dari timur karya munawir borut baik nilai Ilahiyah maupun nilai insaniyah antara lain: (1) nilai aqidah, (2) nilai ubudiyah, (4) nilai etika, (5) nilai sosial, dan (6) nilai estetika.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Yahya Aziz
Uncontrolled Keywords: Novel; Nilai Pendidikan
Subjects: Pendidikan > Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Jan 2016 05:18
Last Modified: 26 Jan 2016 05:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/4003

Actions (login required)

View Item View Item