PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI MI AL-HANAFIYAH WRINGIN PITU MOJOWARNO JOMBANG PADA MATERI LETAK-LETAK NEGARA ASIA TENGGARA MELALUI METODE DISCOVERY

Fibriana, Faridatul (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI MI AL-HANAFIYAH WRINGIN PITU MOJOWARNO JOMBANG PADA MATERI LETAK-LETAK NEGARA ASIA TENGGARA MELALUI METODE DISCOVERY. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar IPS siswa kelas VI MI al-Hanafiyah Wringin Pitu Mojowarno Jombang di bawah kriteria ketuntasan minimal yaitu 70
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penerapan metode discovery dalam peningkatan hasil belajar siswa kelas VI MI al-Hanafiyah Mojowarno Jombang pada materi letak Negara Asia Tenggara, 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS tentang letak Negara Asia Tenggara dengan metode discovery pada siswa kelas VI MI al-Hanafiyah Mojowarno Jombang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Model penelitian tindakan kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis & MC Taggart yang mana terdapat 2 siklus. Pada tahapan siklus tersebut terdiri dari: tahap perencanaan (Plan), Tahap pelaksanaan tindakan (Action) yang bersamaan dengan tahap pengamatan (observation) dan yang terakhir refleksi (reflekction).
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pada pra siklus, pembelajaran mata pelajaran IPS di MI al-Hanafiyah masih belum menerapkan metode discovery, 2) Pada pra siklus, jumlah siswa yang memperoleh nilai hasil diatas KKM hanya 7 siswa atau 33% dari 21 jumlah siswa. Hasil tindakan pembelajaran yang dilakukan pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa mengalami peningkatan menjadi 14 siswa atau 47% dari 21 jumlah siswa. Dari hasil observasi aktivitas siswa dengan rata-rata 2,44 yang termasuk dalam cukup. Sedangkan dari hasil observasi aktivitas guru adalah 63 dan skor akhir 3,31 yang termasuk dalam kategori baik. Setelah dilakukan refleksi terhadap pelaksanaan tindakan pada siklus I, tindakan pembelajaran mengalami peningkatan. Dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus II adalah 72 dengan skor akhir 3,78 dapat dikategorikan sangat baik. Pada hasil observasi aktivitas siswa pada siklus II dengan rata-rata 3,27 dapat dikategorikan sangat baik. Sedangkan dari nilai hasil belajar siswa yang telah memenuhi KKM ada 18 siswa atau 86% dari 21 jumlah siswa. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa penggunaan metode Discovery dalam pembelajaran IPS materi letak Negara Asia Tenggara dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI MI al-Hanafiyah Wringin Pitu Mojowarno Jombang

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Irfan Tamwifi
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPS; Metode Discovery; letak Negara Asia Tenggara
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:37
Last Modified: 26 Jan 2016 04:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3996

Actions (login required)

View Item View Item