UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS III MI NURUL UMMAH SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidia, Khusnul (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS III MI NURUL UMMAH SIDOARJO. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (909kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti berdasarkan pada masalah yang dialami oleh peneliti, dimana pemahaman siswa kelas III MI Nurul Ummah pada mata pelajaran matematika materi pecahan masih rendah, sehingga berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa tersebut. Dengan penerapan pembelajaran menggunakan Pendekatan RME diharapkan siswa mendapatkan pemahaman yang lebih konkrit tentang konsep materi pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada materi pecahan siswa kelas III MI Nurul Ummah Celep Sidoarjo setelah diterapkannya pembelajaran dengan pendekatan RME.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Metode ini pada hakikatnya adalah perangkat-perangkat atau untaian dengan setiap perangkat terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi yang dipandang sebagai satu siklus. Hasil refleksi pada siklus tersebut akan digunakan sebagai bahan rujukan untuk pelaksanaan siklus berikutnya, sehingga proses dan hasil pelaksanaan siklus berikutnya akan lebih baik. Siklus akan dihentikan jika target kinerja yang ditentukan telah tercapai. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MI Nurul Ummah yang berjumlah 34 siswa, yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan pembelajaran yang dilakukan memberikan dampak terhadap meningkatnya hasil belajar matematika siswa. Dari data nilai pada pra siklus, jumlah siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 8 anak atau 24% dari jumlah siswa. Data hasil tes pada siklus I menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 56% atau 19 siswa. Data hasil tes pada siklus II menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 79% atau 27 siswa. Berdasarkan data yang diperoleh pada pra siklus, siklus I dan II tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas III MI Nurul Ummah Celep Sidoarjo meningkat setelah diterapkannya pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik pada materi pecahan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Mauna Setyawati
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidia, KhusnulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pengajaran
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar matematika; Pendekatan RME
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:17
Last Modified: 26 Jan 2016 04:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3990

Actions (login required)

View Item View Item