PENGGUNAAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN FIQIH MATERI SHOLAT KELAS VI DI MI ISLAMIYAH KEC. SEMAMPIR KOTA SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Hilyatul (2014) PENGGUNAAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN FIQIH MATERI SHOLAT KELAS VI DI MI ISLAMIYAH KEC. SEMAMPIR KOTA SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (75kB) | Preview

Abstract

Pendidikan agama Islam adalah usaha maksimal untuk menentukan kepribadian siswa berdasarkan ketentuan-ketentuan yang telah digariskan dalam al-Qur`an dan as - Sunnah. Hal ini berarti bahwa pendidikan agama Islam memerlukan metode pembelajaran dan harus mendapat perhatian yang seksama dari pendidik agama karena memiliki pengaruh yang sangat berarti atas keberhasilannya. Metode diskusi merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam mata pelajaran fiqih materi sholat, karena dengan menggunakan metode diskusi, siswa akan mempelajari sesuatu melalui cara musyawarah dengan teman temannya di bawah pimpinan atau bimbingan guru. Hal ini perlu bagi kehidupan siswa kelak, bukan saja karena manusia senantiasa dihadapkan pada berbagaimasalah yang tidak dapat dipecahkan seorang diri, melainkan juga karena melalui kerja sama atau musyawarah mungkin diperoleh suatu pemecahan yang lebih baik. Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam SKRIPSI dan mengambil judul Penggunaan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Fiqih Materi Sholat Kelas VI Di MI Islamiyah Semampir Surabaya.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Penggunaan metode diskusi dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Fiqih Materi Sholat Kelas VI Di MI Islamiyah Semampir Surabaya dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam penggunaan metode diskusi pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Sholat Kelas VI Di MI Islamiyah Semampir Surabaya. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam kategori penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan untuk jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas atau dalam bahasa Inggris disebut Classroom Action Research.
Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwasannya metode diskusi merupakan salah satu metode yang digunakan pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Sholat Kelas VI Di MI Islamiyah Semampir Surabaya. Dan dengan disediakannya media pendukung belajar seperti VCD yang mana akan membantu Prestasi siswa-siswa yang kurang senang atau malas dalam mengikuti metode pembelajaran tersebut.
Demikian abstrak SKRIPSI ini, yang kurang lebih dapat memberikan gambaran umum tentang isi dari skripsi ini secara keseluruhan. Kalaupun masih ada alternatif lain yang mungkin lebih baik dari apa yang telah penulis sampaikan atau ditulis dalam skripsi ini, maka hal itu dapat dijadikan sebagai masukan atau tambahan agar skripsi ini terus berkembang dan tidak berhenti sampai di sini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Saiful Jazil
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, HilyatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Metode Diskusi; Prestasi Belajar; Materi Sholat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2015 02:48
Last Modified: 09 Feb 2015 03:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/398

Actions (login required)

View Item View Item