Pemahaman dan kesadaran membayar zakat profesi Karyawan perusahaan penambangan batu putih : study pada PT. Tiga Jaya dan PT. Teguh Mandiri Socah Bangkalan.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kulsum, Ummi (2020) Pemahaman dan kesadaran membayar zakat profesi Karyawan perusahaan penambangan batu putih : study pada PT. Tiga Jaya dan PT. Teguh Mandiri Socah Bangkalan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ummi Kulsum_F02418162.pdf

Download (6MB)

Abstract

Menjawab persoalan Bagaiamana pemahaman karyawan perusahaan penambangan batu putih terhadap zakat profesi dan Bagaiamana kesadaran karyawan perusahaan penambangan batu putih terhadap zakat profesi. Penelitian ini adalah field research dengan metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah melalui tahap editing, organizing dan penemuan hasil. Selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif analitis. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Zakat profesi/penghasilan di kalangan karyawan perusahaan penambangan batu putih sudah familiar, mereka juga telah mengetahui akan kewajiban membayar zakat profesi. Dan pemahaman karyawan mengenai kadar zakat profesi hampir semua karyawan mengetahui tentang besarnya kadar zakat profesi, yaitu sebesar 2,5%. Namun, masih terdapat karyawan yang menjelaskan bahwa kadar zakat profesi sebesar 10%. Disisi lain pemahaman karyawan mengenai nisab dan haul zakat profesi masih terbatas. 2) Kesadaran karyawan perusahaan penambangan batuh putih dalam pelaksanaan pembayaran zakat profesi/penghasilan masih rendah dan tertutup. Hal ini terbukti dengan sikap mereka terhadap zakat profesi berada dalam tingkatan terendah yakni merenima. Dan untuk tindakan, karyawan perusahaan penambangan batu putih berada pada tingkatan tindakan persepsi. 3) Pemahaman karyawan perusahaan penambangan batu putih mengenai zakat profesi cukup baik. Namun, meski adanya pemahaman yang cukup baik hal ini tidak menjadikan karyawan untuk membayar zakat profesi sesuai dengan ketentuan dalam Islam, yang mana karyawan hanya membayar sadaqah yang karyawan anggab sebagai zakat profesi. Saran dari adanya penelitian ini hendaknya pemilik perusahaan penambangan batu putih bekerja sama dengan Baznas Bangkalan dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran karyawan mengenai zakat profesi. Dimana Baznas Bangkalan sebaiknya melakukan sosialisasi terkait zakat profesi, dan bagi pemilik sebaiknya menerapkan aturan pemotongan upah bagi karyawan yang telah diwajibkan mengeluarkan zakat profesi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kulsum, Ummikulsumummi413@gmail.comF02418162
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorHadi, Abd.-2018115501
Thesis advisorGhozali, Muhammad Lathoifmuhammadlathoif@gmail.com2003117501
Subjects: Tenaga Kerja
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Pemahaman; Kesadaran dan Zakat Profesi.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ummi Kulsum
Date Deposited: 19 May 2020 22:29
Last Modified: 19 May 2020 22:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39780

Actions (login required)

View Item View Item