Implementasi kebijakan digitalisasi tentang sistem informasi desa di Desa Waru, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

wibisono, Mochamad (2020) Implementasi kebijakan digitalisasi tentang sistem informasi desa di Desa Waru, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochamad Wibisono_E04213060.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Implementasi Kebijakan Digitalisasi tentang sistem Informasi Desa Di Desa Waru Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Ada dua rumusan masalah terkait penelitian ini 1.) Bagaimana Implementasi Kebijakan Digitalisasi tentang sistem Informasi Desa di Desa Waru Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo, 2.) Apa saja faktor- faktor yang mempengaruhi dan menghambat dalam Implementasi Kebijakan Digitalisasi tentang sistem Informasi Desa di Desa Waru Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Fokus penelitian ini adalah mengenai inovasi pelayanan berbasis online, dengan melihat faktor pendorong dan penghambat dari kebijakan. Jenis penelitian ini merupakan sebuah penelitian lapangan, yang berangkat dari fenomena yang terjadi di lapangan. Metode penelitan yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Sehingga dalam penulisan dapat lebih obyektif dan sistematis. Untuk teknik pengumpulan data berdasarkan sumber primer dan sumber skunder yang diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi sehingga data yang diperoleh dalam penelitian ini bisa menjadi valid. Penggunaan teori kebijakan dalam penelitian ini difokuskan untuk menganalisis alur kebijakan ini, mulai dari akar masalah kemudian muncul sebuah gagasan dan dirumuskan oleh pemangk u kebijakan. Lalu diterapkan kepada masyarakat dan dievalusasi apa faktor yang menjadi kekurangan dari program ini. Teori yang digunakakan memakai Teori Kebijakan Publik menurut David Easton. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Implementasi kebijakan digitalitalisasi entang sistem informasi desa Di Desa Waru Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Pertama implementasi kebijakan ini melalui sosialisasi beberapa unsur pemerintahan terkecil yakni Rt maupun Rw yang siap mensosialisasikan di wilayahnya masing-masing. Proses sosialisasi ini disampaikan melalui forum-forum masyarakat baik lingkup Rt maupun Rw dan langsung disampaikan pada masyarakat sebagai user. Namun proses implentasi ini masih belum optimal karena kurang meratanya informasi kepada masyarakat. Dilihat dari wilayah masing-masing Rt /Rw memang berbeda-beda, ada wilayah yang lingkungan pemukiman padat penduduk, dan ada juga yang wilayahnya lingkungan perumahan, sehingga ada perbedaan kendala yang dihadapi di masing-masing wilayah. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi dan menghambat dalam implementasi kebijakan digitalitalisasi tentang sistem informasi desa Di Desa Waru Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Faktor yang mendorong program ini adalah supportnya masyarakat dengan sebuah sistem yang semakin memudahkan. Faktor lainya yang menjadi pendukung dari program ini, adalah tersedianya dua aspek penting yakni sumberdaya finansial desa dan juga sumberdaya manusia. Sedangkan faktor Penghambat dari implementasi digitalisasi informasi desa yakni faktor kurang optimalnya database masyarakat dan juga kualitas kecepatan internet milik desa yang menjadi penyebab kurang maksimalnya kebijakan ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
wibisono, Mochamadwibiz25almukhliz25@gmail.comE042313060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsmail, Muhammad--196005211986081001
Subjects: Manajemen Informasi
Teknologi > Teknologi Informasi
Informasi
Keywords: Implementasi Kebijakan; Digitalisasi; Sistem Informasi Desa.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Mochamad Wibisono
Date Deposited: 28 Jun 2020 01:42
Last Modified: 23 Sep 2020 13:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39762

Actions (login required)

View Item View Item