السجع والجناس في نظم العمريطي على متن الأجرومية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masrur, Muhammad (2011) السجع والجناس في نظم العمريطي على متن الأجرومية. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Masrur_A01206051.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39714

Abstract

Sajak dan jinas dalam nadlom imriti matan jurrniyah

Dalam kehidupan sehari-hari bahma sangat dibutuhkan sebagai sarana untuk menyampaikan suatu maksud tertentu kepada orang lain. Setelah mengalami perkembangan, penggunaan bahasa tidak tabatas hanya pada pengungkapan sederharna kemudian selesai. Akan tetapi sudah menggunakan variasi-variasi tertentu sehingga menjadi menarik dan tidak membosankan, misalkan sajak dan jinas. Sedangkan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah apa keistimewaan nadlom kemudian apa pengertian sajak dan jinas, kemudian apakah dalam nadlom itu ditemukan sajak dan jinas. Berkenaan dengan itu, dalam pembahasan ini penulis menggunakan nadzam imriti, sebagai bahan analisis dan ilmu balagho sebagai alat analisis. Serta menggunakan beberapa metode yang meliputi metode pengambilan data secara utuh, maupun dengan adanya perubahan, kanudian penulis memberi penjelasan- penjelasan dengan metode dan penulis mengambil kesimpulan-kesimpulan serta mengungkapkan data dalam bentuk metode induktif, maupun deduktif. Setelah melewati pembahasan yang panjang lebar, akhirnya penulis menyimpulkan bahwa seluruh bait-bair nadlam imriti banyak terdapat beberapa unsur sajak dan jinas. Penulis juga menyebutkan contoh-contohnya nandom imriti, baik secara utuh maupun berupa penggalan-penggalan bait.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masrur, Muhammad--A01206051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDarda, Abuabudarda@uinsby.ac.id2018125501
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Sajak; jinas; nadlom imriti matan jurumiyah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Apr 2020 16:22
Last Modified: 22 Apr 2020 16:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39714

Actions (login required)

View Item View Item