Analisis Fikih Siyasah Maliyah terhadap transparansi alokasi dana desa di Desa Sumbertlaseh Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asrifiana, Septya Nur (2020) Analisis Fikih Siyasah Maliyah terhadap transparansi alokasi dana desa di Desa Sumbertlaseh Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Septya Nur Asrifiana_C95216143.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian lapangan dengan judul “Analisis Fikih Siyasah Maliyah Terhadap Transparansi Alokasi Dana Desa di Desa Sumbertlaseh Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua permasalahan, pertama tentang bagaimana transparansi Alokasi Dana Desa di Desa Sumbertlaseh Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro?. Kedua tentang bagaimana analisis Fikih Siya>sah Ma>liyah terhadap Transparansi Alokasi Dana Desa di Desa Sumbertlaseh Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris dengan pengolahan data secara kualitatif, dimana peneliti berpartisipasi secara langsung dalam mengamati fokus permasalahan di ruang lingkup Transparansi Alokasi Dana Desa di Desa Sumbertlaseh Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro dalam Prespektif Fikih Siyasah Maliyah. Metode berfikir yang digunakan adalah deskriptif yaitu menggambarkan secara langsung kejadian yang terjadi dilapangan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Transparansi alokasi dana Desa di Desa Sumbertlaseh Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro dari segi pengelolaannya sudah terbantu dengan adanya aplikasi SISKEUDES (Sistem Keuangan Desa), sedangkan dari segi perkembangan dan pemberdayaan masyarakat juga sudah terbantu dengan adanya dana desa lahan pertanian ataupun berbagai bidang kerajinan dapat menghasilkan penghasilan yang melimpah, bahkan dari segi pembangunan desa sumbertlaseh dapat mengalokasikan dana desa sebagai penanggulangan bencana dengan membuat selokan atau gorong-gorong di daerah yang rawan banjir. Transparansi Alokasi Dana Desa di Desa Sumbertlaseh Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro jika dianalisis menggunakan Fikih Siya>sah Ma>liyah termasuk kedalam kategori Kharra>j karena pada zaman dahulu di masa Khalifah Umar Bin Khattab proses pembayaran pajak yaitu harta kekayaan dari rakyat yang berupa upeti dikumpulkan melalui Gubernur untuk disetorkan kepada Khalifah dan alokasinya dikembalikan dalam bentuk presentasi dari berbagai wilayah kepada Gubernur untuk di alokasikan kepada umat atau untuk pembangunan wilayah. Jadi Alokasi Dana Desa tersebut lebih mengutamakan pembangunan Desa untuk kemaslahatan umat. Sedangkan sumber pendapatan negara yang digunakan dalam proses transparansi alokasi dana Desa ini berupa APBD. Penulis berharap selanjutnya agar Pemerintah Desa Sumbertlaseh Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro mengadakan koordinasi tidak lanjut tentang program pemberdayaan masyarakat, dengan adanya koordinasi masyarakat di Desa Sumbertlaseh Kecamatan Dander bisa membuat masyarakat lebih menjadi mandiri akan ekonomi di Kabupaten Bojonegoro.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asrifiana, Septya Nurasrifiana09@gmail.comC95216143
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbdul Rojak, Jejejejerozaq@yahoo.com2015106401
Subjects: Fikih
Fikih > Fikih Siyasah
Hukum > Hukum Tata Negara
Keywords: Dana Desa: Aplikasi SISKEUDES: Transparansi Dana desa.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Septya Nur Asrifiana
Date Deposited: 17 Jul 2020 05:05
Last Modified: 17 Jul 2020 07:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39711

Actions (login required)

View Item View Item