تأثير الخلاف السياسي في عصر الديمقر اطية الموجهة في القصة عذراء جاكرتا النجيب الكيلاني

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdullah, Cindi (2009) تأثير الخلاف السياسي في عصر الديمقر اطية الموجهة في القصة عذراء جاكرتا النجيب الكيلاني. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cindi Abdullah_A01302077.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39701

Abstract

Pengaruh konflik politis pada masa Demokrasi Terpimpin di dalam Novel Gadis Jakarta Karya Najib Kailani
Dalam skripsi ini penulis merumuskan masalah sebagai berikut: Ada hubungan apa antara konflik politis pada masa demokrasi terpimpin dengan novel gadis jakarta? Adakah pengaruh konflik politis pada masa demokrasi terpimpin terhadap novel gadis jakarta? Bagaimana sejarah kontlik politik pada masa demokrasi terpimpin dan konflik politik yang terjadi di dalam novel adrro'u Jakarra? Bagaimana kesejajaran konflik politik pada masa demokrasi terpimpin dan konflik politik yang terjadi didalam novel adzro'u Jakarta dalam prespektif teori konflik? Sedangkan metode yang digunakan penulis dalam skripsi ini adalah metode induktif, deduktif dan kritik extrinsik. Dalam menggunakan kritik extrinsik, penulis memakai pendekatan sosiologis. Tepatnya dengan teori konflik (sosiologi konflik). Dalam penelitian ini, teori konflik yang penulis pergunakan adalah bagaimana struktur dan penyebab terjadinya konflik. Dari hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa Adzro'u Jakarta adalah novel yang merefleksikan kekerasan politik dan pelanggaran HAM politik di Indonesia pada masa demokrasi terpimpin. Karena itu, hubungan yang terjadi diantara keduanya adalah hubungan reflektif. Hal ini dimaksudkan, sebagai teladan kepada pembaca novel ini. Konflik politis pada masa demokrasi terpimpin mempengarui peristiwa dalam novel ini dalam hal terjadinya pelanggaran HAM yang dilakukan oleh Komunis terhadap tokoh (agama dan politik), jenderal, pres dan rakyat Indonesia, terutama ummat Islam (diwakili oleh Masyumi). Pengaruh lainya juga terlihat dalam hal usaha PKI memanfaatkan pemerintahan yang sah (Soekarno) untuk memuluskan agenda-agenda PKI. Pengaruh lainya, juga terlihat dalam tokoh yang ada didalam novel ini. Tokoh tokoh yang ada didalam novel ini cukup merepsentasikan tokoh-tokoh yang terlibat dalam konflik politis pada masa demokrasi terpimpin. Sepanjang sejarah demokrasi terpimpin selalu diwarnai konflik aliran antara PKI dan kelompok Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdullah, Cindi--A01302077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaidun, Achmadachmadzaidun@uinsby.ac.id2009065801
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Konflik politis; Demokrasi Terpimpin; Novel Gadis Jakarta; Najib Kailani
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Apr 2020 09:24
Last Modified: 21 Apr 2020 09:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39701

Actions (login required)

View Item View Item