BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM MELALUI TEKNIK CARD EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS IBADAH SHALAT SISWA DI SMP AL FALAH DELTASARI SIDOARJO

Jamal, Nur Farhaneem Binti (2014) BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM MELALUI TEKNIK CARD EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS IBADAH SHALAT SISWA DI SMP AL FALAH DELTASARI SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Islam melalui teknik card education dalam meningkatkan kualitas ibadah shalat siswa di SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo?, (2) Bagaimana hasil dari siswa setelah menjalani proses Bimbingan dan Konseling Islam melalui teknik card education dalam meningkatkan kualitas ibadah shalat siswa di SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo?
Dalam menjawab permasalahan tersebut, maka penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif komparatif. Sedangkan dalam pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, analisa dilakukan untuk mengetahui proses serta hasil dengan membandingkan Bimbingan dan Konseling Islam antara teori dan lapangan serta membandingkan kondisi klien sebelum dan sesudah mendapatkan konseling dalam menganalisa.
Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa perilaku-perilaku yang nampak pada diri klien adalah malas menunaikan shalat lima waktu, tidak shalat tepat pada waktunya, tidak suka shalat berjamaah, tidak menghayati bacaan dan terjemahan dalam shalat, dan tidak khusyuk menunaikan shalat. Dalam penelitian ini konselor menggunakan teknik Card Education yang mana konselor mengajak klien bermain dengan kartu-kartu belajar yang berisi informasi-informasi tentang Rukun Islam, Sejarah Shalat Lima Waktu, Bacaan dan Terjemahan dalam Shalat, serta Kartu Mutaba’ah Shalat. Presentasi singkat dari klien dan pemberian motivasi, nasehat, dan saran dari konselor dilaksanakan sepanjang sesi konseling menggunakan card education tersebut.
Dan hasil akhir dari proses Bimbingan dan Konseling Islam ini dikatakan cukup berhasil dengan prosesntase 60% yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan pada sikap atau perilaku klien yang kurang baik mulai menjadi lebih baik, yakni pelaksanaan dan penjagaan shalat klien semakin meningkat setelah mendapatkan BKI dengan teknik card education

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Yusria Ningsih
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling Islam; Card Education; Ibadah Shalat
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2015 02:41
Last Modified: 09 Feb 2015 02:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/397

Actions (login required)

View Item View Item