Modul Pelatihan Pembelajaran berbasis Literasi dengan Pendekatan ABCD

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sutini, Sutini and Indayati, Tatik and Hasan, Amin and Chasanah, Uswatun (2020) Modul Pelatihan Pembelajaran berbasis Literasi dengan Pendekatan ABCD. Kanzum Books, Sidoarjo. ISBN 978-602-6326-96-6

[img] Text
Sutini dkk_Modul ToT 2.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pengembangan literasi di madrasah merupakan sebuah upaya untuk menumbuhkan budaya literasi di madrasah baik pada tahap pembiasaan, pengembangan, maupun di ranah pembelajaran. Beberapa program didesain untuk mewujudkan tujuan ini baik melalui kegiatan pelatihan maupun pendampingan di madrasah dan di gugus. Melalui kemitraan antara INOVASI dengan UIN Sunan Ampel, modul ini dikembangkan sebagai panduan dalam kegiatan Training of Trainer Learning- based Literacy. Melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan yang berkelanjutan, pada akhir program ini diharapkan: • Terjadi peningkatan kemampuan membaca siswa. • Peningkatan kemampuan literasi siswa dalam mendukung keberhasilan pembelajaran. • Terwujudnya budaya baca di Madrasah. • Keberlanjutan program literasi. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, metode pendekatan Asset Based Community-driven Development atau biasa disebut sebagai metode pendekatan ABCD akan digunakan dalam kegiatan tersebut. Dari adanya pendekatan tersebut, diharapkan pihak-pihak yang terkait secara keseluruhannya memiliki kemandirian dan kemampuan dalam menginisiasi maupun melaksanakan pengembangan literasi sebagai bentuk terwujudnya keberlanjutaan program tersebut. Pendekatan ini digunakan dengan pertimbangan ABCD, yang berarti bentuk pendekatan terhadap tatanan sosial masyarakat di lingkungannya, dengan penentu upaya tersebut adalah masyarakat itu sendiri (pelaku upaya pembangunan). Oleh karena itu, modul ini didesain sebagai kelanjutan modul yang pertama berfokus pada konsep dan implementasi pendekatan ABCD dalam pembelajaran, literasi dalam pembelajaran, dan pembelajaran berbasis literasi dengan pendekatan pembelajaran tematik. Melalui pelatihan yang menggunakan modul ini sebagai panduan, diharapkan para fasda memiliki gambaran yang utuh materi yang harus ditransfer kepada pada guru baik melalui kegiatan mentoring di madrasah maupun melalui forum Kelompok Kerja Guru (KKG) sehingga guru sebagai mitra dalam pelaksanaan program ini memiliki wawasan dan pengetahuan terkait pengembangan budaya baca dan dan bagaimana mendesain literasi dalam pembelajaran di madrasah dengan mengoptimalkan aset sebagai basis untuk mewujudkan kemandirian dan keberhasilan program.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Indayati, Tatik----
Hasan, Amin----
Chasanah, Uswatunuswatun_chasanah9@yahoo.com89878786
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
ReviewerRusydiyah, Evi Fatimaturevi_fatimatur@yahoo.com2027127301
ReviewerFarisia, Hernik----
Subjects: Kurikulum
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Modul Pelatihan; Pembelajaran berbasis Literasi; Pendekatan ABCD
Divisions: Karya Ilmiah > Pedoman
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Apr 2020 08:57
Last Modified: 17 Apr 2020 08:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39686

Actions (login required)

View Item View Item