قصة لوط وقومه في القرأن الكريم: دراسة بنيوية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Habibullah, Muhammad Romadlon (2010) قصة لوط وقومه في القرأن الكريم: دراسة بنيوية. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Romadlon Habibullah_A31206003.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kisah Luth dan kaumnya dalam al Quran: tinjauan strukturalisme

Al Qur'an secara fimdamental berfungsi memberikan petunjuk bagi umat manusia, karena keberagaman yang dimiliki oleh manusia memberikan arti penting bagi prosesnya dalam berdialektika dengan manusia. Artinya, keberadaan al Qur'an dalam pengungkapannya tidak lepas dari model masyarakatnya. al-Qur'an terdiri dari bebe,rapa bentuk pengungkapan ayat yang berbeda-beda, misalnya bentuk hukum, perumpamaan, kisah-kisah dan lain-lain. Terkait dengan itu, penelitian ini mengkaji salah satu kisah dalam al Quian, yaitu Nabi Luth dan kaumnya, yang telah disebutkan atau dkeritakan daIam surat yang berbeda-beda. Penelitian ini mengkaji dari sisi strukturalisme sastra. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana cerita Nabi Luth dan Kaumnya dalam al Qur' an? Bagaimana kisah nabi Luth dan Kaumnya bila dilihat dari segi strukturalisme. lawaban dart rumusan masalah dalam skripsi ini adalah. bahwa kisah Nabi luth darv kaumnya dalam al Qur'an dkeritakan dalam 10 surat yang jumlah ayatnya 85. dalam cerita tersebut terdapat dua surat yang menceritakan dengan alur yang berbeda yaitu surat al Hijr dan Surat Hud. Penelitian strukturalisme dalam skripsi ini menggunakan paham Stanto abahwa penelitian strukturalisme adalah penelitian dari pada unsure instrinsik yang harus diteliti seluruhnya, yaitu mulai dari tema, setting (tempat, waktu dan sosial), tokoh, alur dan amanat yang disampaikan dalam cerita tersebut. Tema dari cerita ini adalah pendustaan sedangkan seningnya terdiri dari setting tempat yaitu di perbatasan Negara Yordania dan Israel. Tokoh dalam calta ini adalah nabi Luth, istri nabi Luth, putri nabi Luth, kaum Sodom, malaikat dan Allah SWT. Alur cerita ini alur maju dan amanat yang terKandung alam cerita ini adalah Allah mengharamkan hubungan seksual sesama jenis (homoseksual).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Habibullah, Muhammad Romadlon--A31206003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorRosyad, Achmad Faizur--2002087601
Subjects: Cerita dalam Al Qur'an
Uncontrolled Keywords: Kisah al Quran; Nabi Luth; kaum Nabi Luth
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Apr 2020 08:55
Last Modified: 12 Sep 2020 02:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39678

Actions (login required)

View Item View Item