العناصر الخارجية في قصة كن عدوا للمرأة لتوفيق الحكيم: دراسة اجتماعية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mafullah, Siti (2009) العناصر الخارجية في قصة كن عدوا للمرأة لتوفيق الحكيم: دراسة اجتماعية. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Mafullah_A01205033.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39674

Abstract

Unsur-usnur ekstrinsik adalah: unsur luar yang mempengaruhi bangunan karya sastra, akan tetapi tidak menjadi bagian di dalamnya. Unsur-unsur itu meliputi: latar belakang kehidupan penulis, adat istiadat yang berlaku pada saat itu, strategi politik, ekonomi dan lain-lain. Berdasarkan hal itu, pada kajian kali ini penulis menggunakan unsur-unsur ekstrinsik sebagai pendekatan dalam mengkritik dan membabas cerpen "Kun Aduwwan Lil Marati" karya Taufiq. Dalam kesempatan ini penulis membahas mengenai: Siapakah taufiq al-Hakim. Apakah yang dimaksud unsur-unsur ekstrensik dalam karya sastra Dan apa saja unsur ekstrinsik karya yang mempengaruhi cerpen "Kun Aduwwan Li Marati". Seperti diketahui bahwa Taufiq al-Hakim dalam beberapa karya novelnya drama, capen, sering menceritakan wanita dengan penelitian negatif dan cenderung bersifat diskriminitif. Tak terkecuali dalam cerpen "Kun Aduwwan Lil Mar'ati"yang penulis bahas dalam skripsi ini. Taufiq dalam karya tersebut menyajikan sebuah cerita yang sangat memberikan penilatan negatif terhadap wanita, seperti dikisahkan dalam kisah tersebut bahwa wanita adalah makhluk bodoh, hina, dan Oleh karenanya, melalui pendekatan unsur ekstrinsik penulis berusaha mencari faktor luar yang mempengaruhinya dalam menulis cerpen yang penulis bahas dalam skripsi ini. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa faktor yang paling mendasar yang mempengaruhi Taufiq adalah: keberadaan lingkungan keluarga, dimana ia tumbuh berkembang di bawah asuhan seorang ibu yang mendidiknya dengan ketat dan keras. Demikian abstraksi yang dapat penulis sampaikan semoga penjelasan sekilas ini mampu memberikan gambaran yang representatif dalam memahami dan menelaah isi pembahasan skripsi ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mafullah, Siti--A01205033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufid, Nurnurmufid@uinsby.ac.id2020066401
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Unsur-usnur ekstrinsik; karya sastra; cerpen; Kun Aduwwan Lil Marati
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Apr 2020 15:12
Last Modified: 13 Apr 2020 15:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39674

Actions (login required)

View Item View Item