Tradisi kaum santri: suatu perubahan dari Old Society ke New State 1

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anshori, Isa (1996) Tradisi kaum santri: suatu perubahan dari Old Society ke New State 1. KHAZANAH (1). pp. 12-15. ISSN 0853-4535

[img] Text
Isa Anshori_Khazanah Tradisi Kaum Santri 1 1996.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kaum santri adalah sekumpulan individu muslim yang dibesarkan dari atau berada di lingkungan pondok pesantren, atau berasal dari keturunan keluarga santri. Mereka sedang atau pernah mengeyam pendidikan di pesantren, karena itu . performan dirinya -diharapkan- lebih bercorak sebagai orang yang alim dengan penuh wawasan keagamaan, rendah hati dan penuh kesederhanaan -dipersiapkan menjadi ulama dan atau kiai-. Pada kurun waktu berikutnya, seiring dengan kemajuan zaman dan pendidikan yang berada di pesantren, para santri diharapkan dapat memahami, menguasai dan mengamalkan ajaran Islam secara lebih luas. Islam tidak hanya dijadikan sebagai sumber ajaran dan motivasi pribadi dalam beribadah, tetapi juga membangun di segala bidang kenegaraan. Karena itulah tidak heran bila tradisi kesantriannya mengalami perubahan, dari tradisi kecil dan lokal yang dinafasi oleh keagamaan bersifat tradisional, berubah menjadi tradisi besar dan nasional, bahkan global yang lebih moderen. Suatu tradisi santri yang dinafasi oleh keagamaan yang rasional dan tindakan-tindakan politis. Dari pesantren tidak hanya terlahir ulama dan kiai, tetapi juga ilmuwan, teknokrat pengusaha, birokrat dan para politisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anshori, Isaisaanshori67@gmail.com2006056701
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIED., .UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pesantren
Sosiologi Islam
Keywords: Tradisi santri
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Mass Media
Depositing User: Dr., M.Si. Isa Anshori
Date Deposited: 11 Apr 2020 16:42
Last Modified: 11 Apr 2020 16:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39662

Actions (login required)

View Item View Item