فعالية استخدام طريقة القراءة ف ق ر س ت في ترقية فهم النصوص العربية في الفصل الثاني بالمدرسة العالية الحكومية بسورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatiyah, Fatiyah (2011) فعالية استخدام طريقة القراءة ف ق ر س ت في ترقية فهم النصوص العربية في الفصل الثاني بالمدرسة العالية الحكومية بسورابايا. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatiyah_D02207041.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Efektivitas Penggunaan Metode Membaca PQRST dalam Meningkatkan Pemahaman Teks Bahasa Arab (Studi Eksperimen PadA kelas XI MAN Surabaya). Dengan rumusan masalah: 1). Bagaimana penggunaan metode membaca PQRST dalam meningkatkan pemhaman teks bahasa arab siswa? 2). Bagaimanakah pemahaman siswa terhadap teks bahasa arab dengan menggunakan metode membaca PQRST? 3). Bagaimana efektivitas penggunaan metode membaca PQRST dalam meningkatkan pemahaman teks bahasa arab di MAN Surabaya? Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui penggunaan metode membaca PQRST dalam meningkatkan pemahaman teks bahasa arab siswa. 2) Untuk mengetahui pemahaman siswa terbadap teks bahasa arab dengan menggunakan metode membaca PQRST. 3) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode membaca PQRST dalam meningkatkan pemahaman teks bahasa arab di MAN Surabaya. Metode PQRST dalam langkah-Jangkahnya memiliki keunggulan dibandingkan dengan metode pembelajaran yang biasa diterapkan dalam kelas yang alcan diteliti yaitu pada tahap membuat Question anak-anak diarahkan untuk terbiasa berpikir kritis terhadap bahan bacaan sehingga siswa menjadi lebih aktif dan terlatih untuk bisa membuat pertanyaan dengan bahasa arab (khususnya dalam penelitian ini), kemudian tahap Read yaitu tahap dimana siswa berusaha pada saat membaca dan akan memaksa siswa mencari jawaban dari pertanyaannya sehingga dalam pencariannya siswa berusaha untuk mendalami isi bacaan atau teks tersebut. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ekperimen dengan pendekatan analisis data deskriptif kuantitatif untuk instrumen tes- angket dan observasi dengan desain penelitian Pretest-Postest one group desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN Surabaya dengan sampel yang dipilih dengan cara (Purposive) dari kelas XI IPA tersebut diambil 44 siswa sebagai sample dari penelitian ini. Sedangkan Instrumen yang dipakai adalah tes- angket dan observasi. Adapun hipotesis yang diajukan berdasarkan Asumsi dalam penelitian ini adalah yang pertama metode membaca PQRST dapat meningkatkan pemahaman terhadap teks bahasa arab terbukti dapat dilihat dari perbedaan skor siswa antara basil pretest dan posttest. Dan Hipotesis yang kedua adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa arab sebelum menggunakan metode membaca PQRST dengan siswa yang sudah menggunakan metode membaca PQRST dan terbukti dengan nilai to (-9,26) lebih besar dari tt (taraf signifikasi 5% sebesar 2,0244) dan taraf signifikasi 1% sebesar 2,7116 dengan ini maka Ho ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat hubungan yang lcuat antara penggunaan PQRST dengan meningkatkan pemahaman teks bahasa arab, Dan akhirnya dalam penelitian ini penulis menyarankan kepada guru khususnya bahasa arab tinggkat Aliyah, untuk menggunakan metode ini didalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks bahasa arab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatiyah, Fatiyah--D02207041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDimyathi, Muhammad Afifudinafifudindimyathi@uinsby.ac.id2007057901
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode belajar; metode Membaca PQRST; Pemahaman Teks Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Apr 2020 09:25
Last Modified: 06 Apr 2020 09:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39638

Actions (login required)

View Item View Item