Tinjaun Fikih Siyasah Maliyah terhadap penggunaan aplikasi sistem keuangan desa di Desa Sumberagung Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Henninda Nizar (2020) Tinjaun Fikih Siyasah Maliyah terhadap penggunaan aplikasi sistem keuangan desa di Desa Sumberagung Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Henninda Nizar Amalia_C95216108.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Tinjaun Fikih Siyasah Maliyah Terhadap Penggunaan Aplikasi Sistem Keuangan Desa Di Desa Sumberagung Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto”. Penelitian ini menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah, meliputi: bagaimana penggunaan aplikasi sistem keuangan desa di Desa Sumberagung Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto ? serta bagaimana tinjauan Fikih Siya>sah Ma>liyah terhadap penggunaan aplikasi sistem keuangan desa di Desa Sumberagung Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto? Penelitian ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research) di Desa Sumberagung Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul di analisis menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif dengan pola pikir deduktif, yaitu cara berfikir yang berpijak pada konsep serta teori-teori tentang pedoman SISKEUDES dan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 yang kemudian dikaitkan dengan Konsep Fikih Siya>sah Ma>liyah tentang penggunaan Aplikasi Sistem Keuangan Desa Di Desa Sumberagung Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : Penggunaan aplikasi sistem keuangan desa di Desa Sumberagung Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto ada beberapa bagian yang belum sesuai dengan pedoman siskeudes (Aplikasi sistem keuangan desa) karena di dalam aplikasi sistem keuangan desa mengatur tentang pengelolaan keuangan desa yang di atur dalam Permendagri Nomor 20 Tahun 2018, dan yang belum sesuai dengan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 adalah sistem pelaporan. Kedua, tinjauan Fikih Siyasah Maliyah, terhadap penggunaan aplikasi sistem keuangan desa (siskeudes) di katagorikan dalam baitulmal karena bertugas dalam mengawasi kekayaan negara terutama pemasukan dan pengelolaan maupun dengan masalah pengeluaran dan lain-lain. Sejalan dengan uraian di atas maka, Pemerintahan Desa Sumberagung seharusnya lebih meningkatkan koordinasi kepada pihak-pihak yang terlibat dalam pelaksanaan siskeudes agar penggunaan aplikasi siskeudes berjalan secara maksimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, Henninda Nizarhennindanizar2904@gmail.comC95216108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSuyikno, Suyiknoyicko.88@gmail.com2005077304
Subjects: Fikih > Fikih Siyasah
Hukum > Hukum Tata Negara
Uncontrolled Keywords: Fikih Siyasah Maliyah; penggunaan aplikasi sistem keuangan; keuangan desa
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Henninda Nizar Amalia
Date Deposited: 02 Apr 2020 07:06
Last Modified: 02 Apr 2020 17:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39608

Actions (login required)

View Item View Item