Relevansi sufisme Rābi’ah al Adawiyyah dalam mengatasi problematika spiritualitas wanita modern

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisah, Siti (2020) Relevansi sufisme Rābi’ah al Adawiyyah dalam mengatasi problematika spiritualitas wanita modern. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Aisah_F02118043.pdf

Download (3MB)

Abstract

Problematika spiritualitas wanita modern berawal dari hilangnya visi ilahiah yang disebabkan oleh kegersangan keberagamaan. Di era modern ini wanita cenderung materialistik yang turut mengundang munculnya problem-problem spiritualitas wanita modern. Oleh sebab itu, peneliti tertarik untuk mengupas kegersangan spiritualitas yang dialami oleh wanita modern. Dalam kesempatan ini, peneliti menggunakan kajian relevansi sufisme Rābi’ah al-‘Adawiyyah untuk menarik kehidupan wanita modern agar menjadi lebih baik. Terdapat dua rumusan masalah yang menjadi fokus penelitian yaitu 1) Bagaimana problematika spiritualitas wanita modern, 2) Bagaimana relevansi sufisme Rābi’ah al-᷾Adawiyyah dalam menjawab kegersangan spiritualitas yang dialami oleh wanita modern. Jenis penelitian ini merupakan penelitian library research dengan menerapkan metode kualitatif. Peneliti mencoba menemukan jawaban atas bentuk-bentuk problematika spiritualitas wanita modern dan juga menemukan relevansi sufisme Rābi’ah al-‘Adawiyyah dalam menjawab kegersangan spiritualitas yang dialami oleh wanita modern. Peneliti menggunakan konsep al-ḥūbb al-ilâhi dan al-khullâh untuk mengatasi problematika spiritualitas wanita modern. Bahan primer penelitian ini meliputi buku-buku tentang spiritualitas wanita modern dan buku-buku tentang Rābi’ah al-᷾Adawiyyah. Sedangkan bahan sekunder dari penelitian ini meliputi karya-karya lain yang mendukung tema serupa. Pengumpulan data dilakukan dengan berbagai sumber yang erat kaitannya dengan wanita modern, terutama mengenai pemikirannya tentang spiritualitas wanita modern serta dibandingkan dengan relevansi sufisme Rābi’ah al-᷾Adawiyyah. Kemudian data yang telah terkumpul ditela’ah, selanjutnya disusun secara sistematis. Tahap akhir dari analisis data ialah menguraikan secara teratur ide dalam pemikiran wanita modern dengan pemikiran Rābi’ah al-‘Adawiyyah. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa sufisme Rābi’ah al-‘Adawiyyah memiliki relevansi yang sangat signifikan dalam menjawab problematika spiritualitas wanita modern. Implikasi teoretik dari penelitian ini adalah khazanah kajian spiritualitas wanita modern.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisah, Sitisitiaisahspd@yahoo.comF02118043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorGhozi, Ghozighozi.ichsan@gmail.com2019107701
Subjects: Tasawuf
Wanita
Spiritualisme
Uncontrolled Keywords: Spiritualitas; Wanita Modern; Al ḥubb al ilahi; Al khullah
Divisions: Program Magister > Filsafat Agama
Depositing User: Siti Aisah
Date Deposited: 02 Apr 2020 09:28
Last Modified: 02 Apr 2020 16:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39601

Actions (login required)

View Item View Item