Buah Safarjal Bagi Kesehatan Psikis : Studi Ma’ani al-Hadith Sunan Ibn Majah Nomor Indeks 3369 dengan Pendekatan Psikologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mafazah, Maulidia Fina (2020) Buah Safarjal Bagi Kesehatan Psikis : Studi Ma’ani al-Hadith Sunan Ibn Majah Nomor Indeks 3369 dengan Pendekatan Psikologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maulidia Fina Mafazah_E05216014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Setiap ciptaan Allah pasti ada hikmah serta manfaat di dalamnya. Salah satunya adalah buah safarjal, yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat buah Safarjal telah disinggung dalam hadis Nabi SAW sebelum dunia kesehatan berperan aktif. Sehingga penelitian ini ingin membuktikan kebenaran sabda Nabi dengan menggunakan pendekatan ilmu psikologi Dengan itu, penelitian ini mencoba membahas mengenai “Buah Safarjal Bagi Kesehatan Psikis (Studi Ma’ani al-Hadith Sunan Ibn Majah Nomor Indeks 3369 dengan Pendekatan Psikologi). Penelitian ini memfokuskan pada kajian matan dan sanad hadis dan juga pemaknaan hadis menggunakan pendekatan psikologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data dari kualitas sanad dan matan hadis dari hadis tersebut dan juga untuk memperoleh pemahaman mengenai makna bahagia yang dimaksud dalam hadis perspektif psikologi. Penelitian ini bersifat library research (kepustakaan), sehingga dalam proses analisisnya dengan cara mengumpulkan data-data baik dari buku, kitab, jurnal ataupun sumber-sumber lainnya. Adapun dalam penelitian hadis ini menggunakan Kitab Sunan Ibn Majah sebagai rujukan utama dan menggunakan beberapa kitab pendukung lainnya sehingga mendapat satu kesimpulan. Dari analisa yang telah dilakukan, telah didapatkan hasil di antaranya yakni; pertama, secara keseluruhan riwayat hadis tentang buah safarjal dalam Sunan Ibn Majah berkualitas da’if. Kedua, jika ditinjau dari pendeketan psikologi dengan menggunakan Teori Dinamika￾Holistik Abraham Maslow, maka diperoleh kesimpulan bahwa bahagia yang dimaksud adalah sehat dari segi fisik maupun psikis yang mengarahkan pada keselarasan dalam hidup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mafazah, Maulidia Finafina.mafazah13@gmail.comE05216014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmar, Athoillahdakatir@live.com122101809895
Thesis advisorKhodijah, Khodijahuchykhadijah@yahoo.com2010116601
Subjects: Buah-buahan
Kesehatan
Kesehatan

Psikologi Islam
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Buah safarjal: Bahagia: Sunan Ibn Majah.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Maulidia Fina Mafazah
Date Deposited: 30 Mar 2020 23:01
Last Modified: 30 Mar 2020 23:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39584

Actions (login required)

View Item View Item