Relevansi konsep zuhud Hamka dalam personalitas hedonistik pada era bonus demografi : Studi kasus remaja usia produktif provinsi Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulfaqor, Muhammad (2020) Relevansi konsep zuhud Hamka dalam personalitas hedonistik pada era bonus demografi : Studi kasus remaja usia produktif provinsi Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Muhammad Zulfaqor_E07216010.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Relevansi Konsep Zuhud Hamka Dalam Personalitas Hedonistik Pada Era Bonus Demografi: (Studi Kasus Remaja Usia Produktif Provinsi Jawa Timur)”. Permasalahan dalam kaijan ini terkait dengan fenomena hedonistik yang terdapat pada kalangan remaja usia produktif. Semuanya dibungkus menjadi satu dalam sebuah perumusan masalah diantaranya: Pertama, bagaimana konsep zuhud dalam pandangan hamka?. Kedua, bagaimana fenomena hedonistik pada era bonus demografi?. Ketiga, relevansi konsep zuhud hamka dalam menyingkapi problematika hedonistik yang terjadi pada kalangan remaja usia produktif era bonus demografi?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melibatkan berberapa narasumber yang berkaitan dengan penelitian. Analisis praktis dengan cara mengumpulkan data-data yang terdapat dilapangan dan analisis teoritis dengan cara mengumpulkan data-data dari beberapa sumber primer maupun sekunder. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwasannya teori zuhud HAMKA sangatlah relevan dalam menyingkapi kecendrungan hedonistik pada era bonus demografi sebagai objeknya yakni remaja usia produktif Provinsi Jawa Timur. Dengan adanya suatu interview membuktikan bahwasannya dalam menyingkapi kecendrungan hedonistik terhadap kalangan remaja usia produktif menurut HAMKA dalam konsep zuhudnya yakni dengan menerapkan kehidupan yang sederhana tidak sampai berlebih-lebihan. Selain itu juga mengutamakan kegiatan yang memiliki banyak manfaat dibandingkan dengan kegiatan yang tiada manfaatnya sama sekali.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulfaqor, Muhammadzulfaqor14@gmail.comE07216010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMuktafi, Muktafimuktafi.sahal@yahoo.co.id2013086001
Thesis advisorTasmuji, TasmujiUNSPECIFIED2027096201
Subjects: Tasawuf
Uncontrolled Keywords: Zuhud HAMKA; Hedonistik; Usia Produktif; Era Bonus Demografi.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Akhlak dan Tasawuf
Depositing User: M.Zulfaqor Muhammad Zulfaqor
Date Deposited: 28 Mar 2020 12:26
Last Modified: 30 Mar 2020 03:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39556

Actions (login required)

View Item View Item