Konsep Biblioterapi Masnawi Ma'nawi Jalal al Din al Rumi dalam mengatasi Narcissistic Personality Disorder

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rif'ah, Ulfatur (2020) Konsep Biblioterapi Masnawi Ma'nawi Jalal al Din al Rumi dalam mengatasi Narcissistic Personality Disorder. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulfatur Rif'ah_E97216029.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang konsep biblioterapi Masnawi Jalal al-Din al-Rumi. Tolak telaah dari kajian ini adalah problem narcissistic personality disorder atau gangguan kepribadian narsistik, yang tersusun atas beberapa perumusan masalah yakni: Pertama, Bagaimana konsep biblioterapi Masnawi Jalal al-Din al-Rumi? Kedua, Bagaimana konsep narcissistic personality disorder? dan Ketiga, Bagaimana konsep biblioterapi Masnawi Jalal al-Din al-Rumi dalam mengatasi narcissistic personality disorder? Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif-deskriptif berdasarkan kajian pustaka (Library Research) serta menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi, yaitu dengan cara memperoleh bukti data yang tersurat berkenaan dengan problema yang diangkat. Sedangkan analisis sumber data menggunakan metode analisis-deskriptif, yakni dengan cara mendeskripsikan secara jelas terkait problema yang diangkat. Faedah yang dapat diperoleh pada riset ini adalah, sebuah teknik bagaimana menangani gangguan kepribadian narsistik pada seseorang. Hasil dari penelitian ini adalah biblioterapi (terapi cerita/membaca) dengan menggunakan kitab Masnawi, dapat dijadikan sebagai media dalam mengatasi masalah narcissistic personality disorder, yakni suatu gangguan yang dialami manusia yang mementingkan dirinya sendiri secara ekstrim, serta tidak pernah menghargai orang lain. Untuk mengatasi problem tersebut, maka dalam riset ini akan mendeskripsikan bagaimana implementasi biblioterapi dengan menggunakan media Masnawi. Dalam biblioterapi Masnawi terdapat beberapa fungsi, Pertama, seorang yang membaca cerita dalam Masnawi, maka ia akan menemukan kesadaran tentang dirinya, seperti melihat keadaan mental dan kondisi psikologis dirinya sendiri. Kedua, Masnawi dapat dijadikan sebagai model terapi cerita. Sebagai indikator agar dapat mengetahui efektivitas penelitian, maka dalam analisa pembahasan, penulis akan menyuguhkan sebuah metode bagaimana biblioterapi dalam mengatasi narcissistik, dengan cara menghadirkan model cerita-cerita hikmah yang diangkat langsung dari kitab Masnawi Ma’nawi karangan sufi fenomenal Jalal al-Din al-Rumi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rif'ah, Ulfaturulfaturrifah@gmail.comE97216029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuktafi, Muktafimuktafi.sahal@yahoo.co.id2013086001
Thesis advisorKhadijah, Khadijahuchykhadijah@yahoo.com2010116601
Subjects: Psikologi Islam
Psikoterapi
Keywords: Biblioterapi Masnawi Ma‘nawi; Narcissistic Personality Disorder
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Ulfatur Rif'ah
Date Deposited: 28 Mar 2020 08:23
Last Modified: 28 Mar 2020 13:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39552

Actions (login required)

View Item View Item