Menikahi khadra' al-diman: analisis ke-hujjah-an hadis musnad al-Shihab al-Quda'iy nomor 957 dengan pendekatan ilmu genetika-hereditas

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidah, Rizqotul Luqi (2020) Menikahi khadra' al-diman: analisis ke-hujjah-an hadis musnad al-Shihab al-Quda'iy nomor 957 dengan pendekatan ilmu genetika-hereditas. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizqotul Luqi Mufidah_E95216043.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tulisan ini memfokuskan bagaimana kualitas dan pemaknan hadis tentang khadra’ al-diman yang dikaji menggunakan pendekatan ilmu genetika-hereditas. Dari hasil penelitian, Kualitas hadis dalam musnad al-Shihab al-Quda’iy nomor 957 ini memiliki sanad periwayatan yang dhaif. Disebabkan karena ada beberapa perawi yang majhul, matruk dan terputus periwayatannya. Makna khadra’ al-diman diartikan sebagai perempuan yang cantik dhahirnya namun tumbuh di keluarga yang kurang baik. Keluarga tempat pertama seorang anak dalam membentuk karakter dan kepribadian. Selain keluarga yang memengaruhi kepribadian terhadap seorang anak, sifat dan karakter dari orang tua juga menurun. Penurunan sifat dari orangtua kepada keturunannya (anak) disebut hereditas atau pembawaan sifat. Ilmu yang mempelajari tentang hereditas atau pembawaan sifat disebut dengan istilah ilmu genetika. Karakter dan kepribadian adalah hal utama yang dibentuk dalam keluarga. Jika ia tumbuh dalam keluarga yang kurang baik, kemungkinan karakter dan kepribadian tersebut kurang baik juga. Dalam hadis ini Nabi memerintahkan untuk berhati-hati pada khadra’ al-diman. Secara tidak langsung Nabi menyuruh untuk lebih selektif dalam menikahi seorang perempuan. Karena perempuan yang akan dinikahi menjadi penentu dalam mendidik anaknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufidah, Rizqotul Luqiluqimufidah2507@gmail.comE95216043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmar, AthoillahUNSPECIFIED197909142009011005
Thesis advisorIlmiyah, DakhiratulUNSPECIFIED2007027401
Subjects: Nikah
Hadis
Keluarga > Keluarga - Anak
Keywords: al-Shihab al-Quda’iy; Khadra’ al-diman; Hereditas
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Rizqotul Luqi Mufidah
Date Deposited: 27 Mar 2020 02:50
Last Modified: 29 Mar 2020 11:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39530

Actions (login required)

View Item View Item