Kontestasi ideologi dalam narasi otoritas keakidahan antara Islam Nusantara dengan Islam Salafi di media online Youtube

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Tantowi, Abu Yazid (2020) Kontestasi ideologi dalam narasi otoritas keakidahan antara Islam Nusantara dengan Islam Salafi di media online Youtube. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abu Yazid Al Tantowi_E01216002.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menjawab bagaimana model dan tipe kontestasi ideologi dalam narasi otoritas keakidahan antara Islam Nusantara dengan Islam Salafi di media online youtube dengan menggunakan analisis wacana kritis dari Roger Fowler dan kawan-kawan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunaan metode penelitian kualitatif dan pendekatan secara deskrtiptif-komparatif yaitu menggambarkan tentang channel resmi dari Islam Nusantara yang diwakili oleh NU Channel dan channel dari Islam Salafi yaitu Yufid. TV. Channel ini digunakan untuk menyebarkan ideologi mereka dengan basis dari konten video (audio-visual) yaitu youtube. Keduanya memuat konten yang bersifat ideologis terutama dalam narasi keakidahan yang bersifat doktriner. Penelitian ini menggunakan teori Analisis Wacana Kritis dari Roger Fowler dan kawan-kawan. Fowler dalam teori linguistik memfokuskan kepada teks yang berbentuk narasi yang memuat sisi ideologis di mana dan oleh siapa narasi itu dibuat. Perbedaan sisi ideologis oleh kedua kelompok memunculkan sebuah kontestasi ideologi. Dengan basis keterangan yaitu kontestasi ideologi, teori Fowler ini mengacu kepada telisik ideologi melalui kosa kata yang terbagi menjadi; kosa kata: klasifikasi, kosa kata: membatasi pandangan, kosa kata: pertarungan wacana, kosa kata: marginalisasi. Dari beberapa macam teori mengenai kosa kata ini. Fowler mempertajam analisisnya kepada tata bahasa yang terbagi menjadi dua; penghilangan pelaku dan efek nominalisasi. Dari hasil analisis data yang dilakukan menujukkan bahwa narasi-narasi yang diproduksi menunjukkan kontestasi ideologi antar keduanya. Narasi dari Islam Nusantara dalam hal keakidahan yang khusus kepada di mana Allah bertempat cenderung pada penekanan bentuk kalimat kepada objek, cenderung kontekstual. Sedangkan narasi dari Islam Salafi cenderung kepada penekanan subjek, dalam hal ini adalah langsung dalil nash yang dipahami secara tekstual. Masing-masing melakukan klaim kebenaran dengan sebuah justifikasi dalil-dalil sehingga menjadi kontestasi ideologi untuk memperoleh suara umat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Tantowi, Abu YazidAlyyazid41@gmail.comE01216002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSahal, Muktafimuktafi.sahal@yahoo.co.id2013086001
Thesis advisorUmam, Muchammad Helmihelmi.umam@uinsby.ac.id2004057901
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah
Keywords: Kontestasi Ideologi; Islam Nusantara; Islam Salafi; Youtube
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Abu Yazid Al Tantowi
Date Deposited: 27 Mar 2020 04:43
Last Modified: 27 Mar 2020 04:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39525

Actions (login required)

View Item View Item