Implementasi paham Salafi pondok pesantren Darul Atsar Al-Islamy dan respon masyarakat desa Banyutengah-Panceng-Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novianti, Venny (2020) Implementasi paham Salafi pondok pesantren Darul Atsar Al-Islamy dan respon masyarakat desa Banyutengah-Panceng-Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Venny Novianti_E01216026.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pesantren adalah sebuah tempat yang cocok bagi seseorang yang ingin belajar maupun memperdalam ilmu agama. Oleh karena itu, adanya pesantren di Indonesia diharapkan mampu untuk mendidik generasi sesuai dengan kaidah syari’at Islam. Adanya pesantren di Indonesia sendiri mempunyai ragam paham maupun ajaran yang diterapkan dalam kesehariannya. Akhir-akhir ini marak sebuah pesantren yang dicurigai masuk dalam radikalisme. Islam radikal di sini dipahami sebagai implementasi sebuah paham dan juga nilai ajaran agama atau sekumpulan kelompok yang mengatasnamakan Islam dan memiliki keyakinan yang ideologis dan fanatik. Mereka mempunyai tujuan untuk mengubah wajah Islam Indonesia yang telah tercampur kultur lokal menjadi pemurnian Islam seperti yang dilakukan di pondok pesantren Darul Atsar al-Islamy di desa Banyutengah kecamatan Panceng kabupaten Gresik ini. Adanya implementasi paham salafi ini datang dari sang pendiri atau yang bisa disebut sebagai guru besar pondok pesantren tersebut yang bernama Kholiful Hadi. Ia mempunyai keinginan agar mampu untuk mencetak generasi yang lurus serta mengembalikan umat pada kemuliaan seperti generasi utama. Adapun konsep atau cara untuk mengimplementasikan paham salafi ini adalah dengan melakukan teori dan aplikasi. Di mulai dengan mengenalkan pokok ajaran (al-Qur’an dan Hadits, as-Sunnah serta pemahaman dari para sahabat Nabi) ke dalam sistem pengajaran pendidikan. Sistem pengajaran pendidikan pesantren ini dibantu oleh para asatidzah yang mengajar dan kemudian akan diaplikasikan oleh para santrinya dalam kehidupan sehari-hari. Selain melalui jalur pendidikan pesantren, pondok pesantren Darul Atsar al-Islamy juga melakukan kajian-kajian islami dan juga penyiaran dakwah hingga datang berbagai macam respon baik dan buruk dari masyarakat sekitar mengenai keberadaan pondok pesantren salafi ini.

Kata Kunci: Pesantren, Implementasi, Salafi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novianti, Vennyvennynovianti68047@gmail.comE01216026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
AuthorKasno, Kasnokasno.sudaryanto@yahoo.com2001125901
AuthorTasmuji, TasmujiUNSPECIFIED2027096201
Subjects: Aqaid dan Ilmu Kalam
Antropologi Budaya
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Venny Novianti
Date Deposited: 26 Mar 2020 15:21
Last Modified: 26 Mar 2020 15:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39519

Actions (login required)

View Item View Item