Analisis Hukum Islam terhadap jual beli dengan sistem dropship pada marketplace shoppe akun toko "Fariz_shop"

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azzuhro, Munika (2020) Analisis Hukum Islam terhadap jual beli dengan sistem dropship pada marketplace shoppe akun toko "Fariz_shop". Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Munika Azzuhro_C02216051.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian dengan judul “ Analisis Hukum Islam Terhadap jual beli dengan sistem dropship pada marketplace Shopee akun toko “fariz_shop” . Skripsi ini disusun berdasarkan tujuan menjawab pertanyaan suatu masalah, yakni meliputi: (1)Bagaimana praktik jual beli dengan sistem dropship pada marketplace Shopee akun toko “fariz_shop”. (2)Bagaimana analisis hukum Islam terhadap jual beli dengan sistem dropship pada marketplace Shopee akun toko “fariz_shop”Dalam pengumpulan data yang ada, metode yang digunakan adalah field research dengan observasi dan pengumpulan data dari sejumlah wawancara dengan pihak- pihak terkait serta pengumpulan dokumentasi yang selanjutnya data dibangun dan dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitiatif, yakni tentang Praktik jual beli dengan sistem dropship pada marketplace Shopee akun toko “fariz_shop”. Selanjutnya output dari penelitian ini adalah analisis yang diuraikan dengan berpijakan pada hukum Islam.Dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Praktik jual beli dengan sistem dropship pada marketplace Shopee akun toko “fariz_shop”, terdapat beberapa hal yang melanggar kebijakan komunitas pengguna Shopee terkait pengunggahan produk duplikat dalam satu marketplace, yakni marketplace Shopee. Pelanggaran tersebut berupa tindakan pemilik akun yang melakukan pembelian dan penilaian sendiri di akun toko miliknya. Tindakan tersebut telah melanggar kebijakan komunitas pengguna Shopee dan berakibat pada pembekuan akun jika Shopee mendeteksi adanya pelanggaran tersebut. (2) Menurut hukum Islam praktik dropship pada marketplace Shopee akun toko “fariz_shop” ini diperbolehkan jika pelaku dropship menjalankan kerjasama waka>lah dengan supplier pemilik produk, yaknimemposisikan diri sebagai wakil dari supplier dalam hal melapakkan gambar produk milik supplier. Melihat banyaknya peluang usaha yang dapat diambil dalam praktik jual beli dengan sistem dropship pada marketplace Shopee ini, diharapkan bagi pelaku usaha untuk tetap memenuhi rukun dan syarat akad waka>lah .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azzuhro, Munikamunika.azuhro@yahoo.comC02216051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSanuri, SanuriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Islam
Internet
Uncontrolled Keywords: Jual Beli; JualBeli Online: Sistem Dropsit: Marketplace Shopee
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Azzuhro Munika
Date Deposited: 27 Mar 2020 06:37
Last Modified: 31 Mar 2020 08:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39509

Actions (login required)

View Item View Item