PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II MI DARUL ULUM GRESIK MELALUI MEDIA KIPAS BERGAMBAR

Syayidah, Nur (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II MI DARUL ULUM GRESIK MELALUI MEDIA KIPAS BERGAMBAR. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (874kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kesulitan siswa-siswi kelas II MI Darul Ulum Gresik dalam menulis deskripsi tentang tumbuhan dan binatang. Kurang lebih 50% mengalami kesulitan membuat kalimat dengan bahasanya sendiri. Padahal dalam menulis kalimat yang didiktekan guru, rata-rata siswa sudah mampu. Masalah tersebut dibuktikan dengan nilai tugas menulis deskripsi yang menunjukkan terdapat 9 anak mendapat nilai di atas KKM dengan rata-rata nilai 82, 7 anak mendapat nilai KKM yaitu 70 dan 12 anak yang mendapat nilai di bawah KKM yaitu dengan rata-rata nilai 65. Sehingga peneliti ingin memberikan solusi jawaban atas persoalan melalui media kipas bergambar.
Rumusan masalah penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah penerapan media pembelajaran kipas bergambar dalam meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II MI Darul Ulum Gresik?, (2) Bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis deskripsi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II MI Darul Ulum Gresik setelah diterapkannya media pembelajaran kipas bergambar?
Metode penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin. Terdiri empat tahapan dalam satu siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II MI Darul Ulum Gresik yang terdiri dari 28 siswa. Tindakan yang dilakukan adalah menerapkan media kipas bergambar untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis deskripsi. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, produk menulis siswa. Kemudian dianalisis sesuai rumus prosentase KKM.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) penerapan media kipas bergambar dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas II MI Darul Ulum Pasinan Lemah Putih Gresik. Peningkatan keterampilan menulis siswa terlihat dari keantusiasan siswa dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil observasi keaktifan siswa sebesar 71, 87 pada siklus I menjadi 85,9 pada siklus II. (2) Adanya peningkatan proses pembelajaran berdampak pada peningkatan produk tulisan siswa. Hal ini berdasarkan hasil nilai tulisan deskripsi siklus I dengan nilai rata-rata kelas sebesar 73,57 kemudian mengalami peningkatan sebesar 7,14 menjadi 80,71. Masing-masing aspek menulis yang dinilai juga mengalami peningkatan. Melalui kipas bergambar, gambar disajikan secara jelas dan menarik sehingga dapat membantu siswa menemukan kosa kata dan ide dalam menulis deskripsi yang baik. Jadi, keterampilan menulis deskripsi siswa kelas II MI Darul Ulum Gresik meningkat

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Jauharoti Alfin
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Deskripsi; Media Kipas Bergambar
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Pembelajaran
Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2016 00:36
Last Modified: 26 Jan 2016 00:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3948

Actions (login required)

View Item View Item