PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KOPERASI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN GALLERY WALK PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH 23 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zainiyah, Atiqoh (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KOPERASI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN GALLERY WALK PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH 23 SURABAYA. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah siswa belum meningkat hasil belajarnya dalam materi koperasi yang disebabkan karena kurang efektifitas dalam penyampaian materi, keberanian rendah, dan budaya belajar yang masih senang menerima sehingga hasil belajar siswa sangat rendah. Dari 17 siswa, hanya 7 siswa (41%) yang berhasil mencapai KKM 70 sedangkan 10 siswa (59%) masih belum tuntas. Untuk meningkatkan hasil belajar tersebut, peneliti mengambil tindakan pembelajaran melalui strategi pembelajaran gallery walk yang dilakukan dengan dua siklus.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan strategi Gallery Walk dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Muhammadiyah 23 Surabaya? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar Hidup Sejahtera dengan Koperasi setelah menggunakan strategi Gallery Walk pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah 23 Surabaya?
Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dikenal dengan mix method. Model PTK yang digunakan yaitu model Kemmis dan Taggart. Dimana dalam satu siklus terdiri dari empat komponen, meliputi: Perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Data kualitatif di analisis secara deskriptif dan data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan rumus nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar.
Aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I skor 63% menjadi menjadi 93% pada siklus II. Begitu dengan aktivitas guru yang juga mengalami peningkatan dari perolehan pada siklus I 57% menjadi 94% pada perolehan siklus II. Peningkatan hasil belajar juga mengalami peningkatan dari nilai rata – rata kelas Siklus I 65% menjadi 94%

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Zudan Rasydi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zainiyah, AtiqohUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pengajaran
Uncontrolled Keywords: Materi Koperasi; Pembelajaran Gallery Walk
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2016 00:30
Last Modified: 26 Jan 2016 00:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3947

Actions (login required)

View Item View Item