تطوير مادة تدربس اللغة العربية في ضوء المنهج على مستوى الوحدة التعليمية بالمدرسة المتوسطة سيف العلوم تانجوع بومي بنكالان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anisah, Khoirul Anisah (2011) تطوير مادة تدربس اللغة العربية في ضوء المنهج على مستوى الوحدة التعليمية بالمدرسة المتوسطة سيف العلوم تانجوع بومي بنكالان. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirul Anisah_D02207083.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan materi Pembelajaran Bahasa Arab dalam KTSP di MTs Saiful Ulum Tanjung Bumi Bangkalan

Materi pembelajaran menempati posisi yang sangat penting dari keseluruhan kurikulum, hendaknya materi tersebut harus dipersiapkan oleh guru secara matang sesuai dengan perkembangan pengetahuan peserta didik, psikologis dan kebutuhan mereka agar pelaksanaan pembelajaran dapat mencapai sasaran. Sasaran tersebut harus sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik. Artinya materi yang ditentukan untuk kegiatan pembelajaran hendaknya materi yang benar-benar menunjang tercapainya standar kompetensi dan kompetensi dasar. Penerapan KTSP memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap satuan. pendidikan untuk mengembangkan kreativitas serta potensi karena dengan kurikulum tersebut para guru mendapatkan kewenangan dan keleluasaan, hal ini bisa dijadikan momentum bagi guru mata pelajaran bahasa Arab untuk memaksimalkan potensi mereka dalam menyusun dan mengembangkan materi pembelajaran sesuai dengan acuan yang telah ada. Oleh karena itu, penulis mengajukan judul tersebut untuk mengetahui beberapa persoalan yang penulis kaji dalam skripsi ini, yaitu tentang bagaimana pengembangan kurikulum materi pembelajaran bahasa Arab di MTS Saiful Ulum Tanjung Bumi Bangkalan, Bagaimana pengembangan materi pembelajaran bahasa Arab dalam KTSP di MTS Saiful Ulum Tanjung Bumi Bangkalan, dan Apa saja kesulitan dalam mengembangkan materi pembelajaran bahasa Arab dalam KTSP di MTS Saiful Ulum Tanjung Bumi Bangkalan. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Selanjutnya untuk memperoleh data yang dibutuhkan, penulis mengunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, penulis menemukan beberapa hasil penelitian yang terkait dengan " Pengembangan materi pembelajaran bahasa Arab dalam KTSP di Madrasah Tsanawiyah Saiful Ulum Tanjung Bumi Bangkalan" yaitu bahwa dalam mengembangkan materi pembelajaran bahasa Arab langkah yang dilakukan guru yaitu memecah standar kompetensi dan kompetensi dasar serta merumuskannya yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan pengetahuan, psikologi dan kebutuhan peserta didik, kemudian setelah itu dilakukan pemilihan materi yang sesuai dengan mereka. Terlepas dari itu masih terdapat kesuliatan yang ditemui oleh guru bahasa Arab seperti sulitnya sumber materi, minimnya sarana prasarana, kurangnya pembinaan dari Kemenag seperti adanya MGMP serta minimnya minat peserta didik. Meski demikian, pihak sekolah mencari solusi untuk mengatasi hal tersebut dengan melaksanakan pembinaan secara kontinyu, menyediakan sarana yang berkaitan yang membantu proses pembelajaran dan menambah mata pelajaran Nahwu- Shorof untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam penguasaan bahasa arab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anisah, Khoirul Anisah--D02207083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorHanifah, Umiumihanifah@uinsby.ac.id2028097802
Subjects: Pendidikan > Sumber Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pengembangan materi Pembelajaran; Pembelajaran Bahasa Arab; KTSP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Mar 2020 09:26
Last Modified: 23 Mar 2020 09:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39457

Actions (login required)

View Item View Item