تأثير تطبيق طريقة تعاونية متكاملة للقراءة والإنشاء في تعليم اللغة العربية لترقية مهارة الكتابة في الفصل العاشر من المدرسة الثانوية دار العلوم كوريك ساري وارو سيكوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syaikhoni, Syaikhoni (2011) تأثير تطبيق طريقة تعاونية متكاملة للقراءة والإنشاء في تعليم اللغة العربية لترقية مهارة الكتابة في الفصل العاشر من المدرسة الثانوية دار العلوم كوريك ساري وارو سيكوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syaikhoni_D32207008.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengaruh penggunaan Metode Kooperatif terhadap pembelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan menulis Kelas X-A Madrasah Aliyah Darul Ulum Kurek Sari Waru Sidoarjo

Terpilihnya judul tersebut didasarkan atas asumsi bahwa Metode Kooperatif lntegrasi Membaca dan Mengarang sangat efektif untuk meningkatkan pembelajaran Bahasa Arab khususnya kemampuan menulis bagi siswa X- A di Madrasah Aliyah Darul Ulum Kureksari Waru Sidoarjo. Metode pembelajaran kooperatif menuntut siswa untuk berperan aktif dalam proses kegiatan belajar mengajar. Metode ini mencoba menjembatani siswa untuk dapat menulis cerita Bahasa Arab tanpa sadar (Pemerolehan Bahasa) lebih berkonsentrasi pada isi bukan pada susunan tata bahasa dengan mengkolaborasikan kemampuan membaca dan menulis. Atas dasar permasalahan diatas, maka tujuan penulisan skripsi ini adalah ingin mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran dengan menggunakan Metode Kooperatif Integrasi Membaca dan Mengarang bagi siswa kelas X-A di madrasah Aliyah Darul Ulum Kureksari Waru Sidoarjo, untuk mengetahui kemampuan pemahaman menulis Bahasa Arab siswa, untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran dengan menggunakan Metode Kooperatif Integrasi Membaca dan Menulis, untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas X-A dalam maharoh kitabah di Madrasah Aliyah Darul Ulum Kureksari Waru Sidoarjo. Metode penelitian dalam penulisan karya ilmiah ini adalah kuantitatif dengan menggunakan rumus- rumus tes ''t". untuk mendapatkan data- data yang berhubungan dengan pembahasan, maka penulis menggunakan 5 instrumen dalam pengumpulan data, yaitu: interview, observasi, dokumentasi, angket dan analisis data (t test). Setelah mendapatkan data, penulis mnganalisis data sesuai denganjenis datanya. Adapun efektifitas metode Kooperatif lntegrasi Membaca dan Mengarang untuk meningkatkan kemampuan siswa dalarn maharoh Kitabah di MA Darul Ulum Kureksari Waru Sidoarjo berjalan cukup baik, asumsi dengan menyatakan bahwa pengaruh pembelajaran dengan menggunakan metode Kooperatif Integrasi Membaca dan Menulis untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas X-A dalarn maharotul kitabah di MA Darul Ulum Kureksari Waru Sidoarjo diterima dengan adanya dalil tt > t0 atau 2,20<5,46>2,71 meskipun pengaruhnya kecil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syaikhoni, Syaikhoni--D32207008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorNajib, A.----
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode Kooperatif; pembelajaran Bahasa Arab; kemampuan menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Mar 2020 09:01
Last Modified: 23 Mar 2020 09:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39456

Actions (login required)

View Item View Item