Analisis hukum Islam dan Peraturan Walikota Surabaya nomor 29 tahun 2018 terhadap praktik parkir di sekitar Makam Sunan Ampel Kecamatan Semampir Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shoba, Achla Nurus (2020) Analisis hukum Islam dan Peraturan Walikota Surabaya nomor 29 tahun 2018 terhadap praktik parkir di sekitar Makam Sunan Ampel Kecamatan Semampir Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achla Nurus Shoba _C92216141.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul analisis hukum Islam dan Peraturan Walikota nomor 29 tahun 2018 terhadap praktik parkir di area Makam Sunan Ampel Kecamatan Semampir Kota Surabaya, skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan bagaimana analisis hukum Islam dan Peraturan Walikota nomor 29 tahun 2018 terhadap praktik parkir di area Makam Sunan Ampel. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan menggunakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif yaitu pemaparan data yang ada atau kejadian yang telah terjadi sehingga diperoleh suatu gambaran untuk menjawab, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif dan pola pikir deduktif. Hasil penelitian bahwa praktik parkir di area Makam Sunan Ampel para juru parkir telah melanggar amanah pekerjaannya dengan tidak melaksanakan tugas kewajibannya seperti mempekerjakan juru parkir ilegal dan menarik retribusi parkir lebih mahal dari harga resmi parkir yang mana telah ditetapkan dalam Peraturan Walikota Surabaya nomor 29 tahun 2018 pasal 1 poin (c) tentang tarif parkir zona untuk sepeda motor yang mana hal ini harus dipatuhi karena termasuk kewajiban juru parkir, dan para juru parkir menyembunyikan nominal harga resmi yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. Maka dalam hal ini juru parkir telah melakukan pelanggaran dan kecurangan terhadap retribusi parkir. Dalam hal ini analisis hukum Islam menurut teori ija>rah adalah sah tapi cacat karena ada unsur taghrir yakni tindakan menyembunyikan harga parkir yang sebenarnya, yang mana hal ini dilarang oleh agama Islam. Berdasarkan kesimpulan diatas, maka juru parkir seharusnya mematuhi apa yang telah menjadi kewajiban pekerjaannya yang telah diatur oleh Pemerintah selaku pengelola parkir di area parkir tersebut dan melaksanakan pekerjaan dengan niat ibadah tanpa harus melakukan apa yang dilarang oleh agama Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shoba, Achla Nurusachlanurus@gmail.comc92216141
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDSanuri, Sanurisuns_76@yahoo.com197601212007101001
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Ijarah
Keywords: parkir, ilegal
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: achla nurus shoba
Date Deposited: 24 Mar 2020 04:37
Last Modified: 24 Mar 2020 04:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39444

Actions (login required)

View Item View Item