Analisis Al Bai' terhadap jual beli Pasir di Jugosari Candipuro Lumajang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amaniyah, Emsya Nailul (2020) Analisis Al Bai' terhadap jual beli Pasir di Jugosari Candipuro Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Emsya Nailul amaniyah_C02216018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis al-bāi’ Terhadap Jual Beli Pasir Jugosari di Jugosari, Candipuro, Lumajang adalah hasil penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan untuk menjawab pertanyaan dari rumusan masalah bagaimana praktik tambang pasir di Jugosari, Candipuro, Lumajang berdasarkan analisis hukum Islam terhadap tambang pasir di Jugosari, Candipuro, Lumajang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan kemudian data diolah dengan menggunakan teknik pengolahan data adalah editing, organizing dan analyzing. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kualitatif dengan menggunakan fenomena atau data yang diperoleh. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengertian al-bai’ dan etika bisnis dalam Islam. Untuk mengetahui dasar hukum dalam Islam, penulis menggunakan pendekatan berdasarkan al-Qur’an, Hadist dan Qiyas. Jual beli pasir di Jugosari merupakan penambangan yang dilakukan oleh penambang dengan menggunakan alat berat, alat sedot dan manual. Setelah melakukan penambangan. Penambang diperjualbelikan di stockpile yang menjadi tempat penyimpangan pasir sebelum diperjualbelikan. Tambang pasir diperjualbelikan dengan menggunakan sistem kubikasi. Setelah dilakukan penelitian,dapat disimpulkan bahwa analisis hukum Islam terhadap jual beli pasir di Jugsari adalah makruh karena tidak sesuai dengan rukun dan syarat dalam jual beli. Jual beli pasir di Jugosari juga tidak sesuai dengan etika bisnis Islam yang mengedepankan kejujuran dalam transaksinya. Sejalan dengan diadakanya penelitian, penulis memberikan saran bahwa dengan pengelolahaan jual beli pasir yang baik akan membuat penggunaan pasir menjadi sesuatu yang membawa banyak manfaat. Seperti menambah lapangan kerja. Selain itu penambangan harus dilakukan dengan memperhatikan kelestarian lingkungan agar tidak melakukan penambangan tanpa melakukan pencegahan terhadap kelestarian lingkungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amaniyah, Emsya Nailulemsaamania@gmail.comC02216018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Moh. Zainulzainularifin231@gmail.com2017047102
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli
Keywords: Pasir; al bai’; lingkungan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Amaniyah Emsya Nailul
Date Deposited: 26 Mar 2020 03:08
Last Modified: 14 Apr 2020 07:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39430

Actions (login required)

View Item View Item