تفسير اية الإرث: دراسة تحليلية لتفسير محمد شحرور عن الاية 11 من سورة النساء

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasbullah, Ahmad Barizi (2010) تفسير اية الإرث: دراسة تحليلية لتفسير محمد شحرور عن الاية 11 من سورة النساء. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Barizi Khasbullah_E03206054.pdf

Download (4MB)

Abstract

Yang melatar belakangi kami memilih judul di atas adalah adanya kritikan yang disampaikan oleh non muslim terhadap konscp pembagian waris di dalam Islam, terkait pcmbagian antara laki-laki dan perempuan yang dipandang tidak mengandung nilai-nilai kesetaraan perempuan memperokh bagian setengah dari bagian). Wacana diatas merupakan bentuk kritik yang perlu untuk dijclaskan oleh kaum muslim karena ajaran Islam sangat menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan baik bagi laki maupun perempuan, wacana di atas merupakan wacana kontemporcr yang dimunculkan oleh masyarakat modern dengan landasan konsep gender. Dari latar belakang di atas kami memilih Muhammad Syahur sebagai tokoh yang kami anggap mampu untuk menjawab terhadap permasalahan diatas dengan alasan, wacana kritik diatas merupakan wacana kontemporer yang dituntut adanya penjelasan yang bersifat kontemporer, yang bisa diterima oleh masyarakat modern, sebagaimana kita melihat bahwa Muhammad Syahrur merupakan tokoh pemikir Islam yang menggunakan metode dan konsep modern dalam pemikiran maupun penafsiran. Muhammad Syahrur mengarang kitab yang bcrjudul "Al Kitab Wal Quran Qiroah Maasyiroh" dimana dalam karyanya menggunakan tcori inovatif dan revolusioner, seperti menggunakan ilmu alam khususnya matematika dan fisika untuk menerangkan AI Qur'an dan Sunnah dalam penerapan hukum Islam. Adapun objek kajian dalam skripsi ini adalah ayat 11 Surat An-Nisa' yang merupakan salah satu sumber atau dalil dari konsep waris Islam, dan kami melihat kandungan ayat inilah yang mcngandung perdebatan tentang pemahaman keseteraan antara laki-laki dan perempuan di didalam pembagian waris.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasbullah, Ahmad Barizi--E03206054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorIffah, Iffahivamuzammil@yahoo.co.id2013076901
Subjects: Gender
Waris
Uncontrolled Keywords: Pembagian waris; kesetaraan gender
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Apr 2020 08:00
Last Modified: 15 Apr 2020 08:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39332

Actions (login required)

View Item View Item