فعالية فطبيق الدراسة التقابلية في تعليم ترجمة اللغة العربية الى اللغة الإندونسية في الصف الحادى عشر بمدرسة بنو هاشم الثانوية جانتي وارو سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anam, Maltuful (2010) فعالية فطبيق الدراسة التقابلية في تعليم ترجمة اللغة العربية الى اللغة الإندونسية في الصف الحادى عشر بمدرسة بنو هاشم الثانوية جانتي وارو سيدوارجو. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maltuful Anam_D02206078.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul "Efektifitas Penerapan Pendekatan Kontrastif dalam pembelajaran Terjemah Bahasa Arab kedalam Bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah Banu Hasyim Janti - Waru - Sidoarjo". Jurusan Pendidikan bahasa Arab, fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya. Pmelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan efektifitas pendekatan kontrastif dalam pembelajaran terjemah babasa arab kedalam babasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di MA Banu Hasyim. Pengambilan sampel penelitian berjumlah 10 orang dari kelas XI. Pengambilan data hasil belajar dengan menggunakan instrument tes hasil belajar (10 item) serta lembar angket tanggapan siswa terhadap penerapan pendekatan kontrastif dalam pembelajaran terjemah babasa arab kedalam bahasa indonesia. Dalam rangka uji coba terhadap efektivitas pendakata kontrastif dalam pembelajaran terjemah bahasa Arab kedalam Indonesia maka dilakukan penelitian dengan mengajukan hipostesis nihil yang menyatakan "tidak terdapat pengaruh yang signifikan dikalangan siswa MA Banu Hasyim, antara sebelum dan sesudah diterapkannya pendekatan kontrastif sebagai metode pembelajaran terjemah bahasa Arab kedalam bahasa Indonesia, sehingga metode tersebut dikatakan tidak efektif '. Analisis data menggunakan Uji-t Dengan perbandingan besarnya "t" yang di peroleh dalam perhitungan (to = 3,374) dan besarnya "t' yang tercantum pada tabel nilai t (tus.s% = 2,26 dait ti.ts.1%= 3,25) maka di ketahui bahwa to adalah lebih besar dari pada ti; yaitu:2,26 < 3,374 > 3,25. maka hipotesis nihil ditolak; berarti bahwa adanya perbedaan skor cara penerjemahan siswa MA Banu Hasyim antara sebelum dan sesudah diterapkannya metode kontrastif merupakan perbedaan yang berarti atau perbedaan yang meyakinkan (signifikan) Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode kontrastif dalam pembelajaran terjemah bahasa Arab kedalam bahasa Indonesia itu, telah menunjukkan efektifitasnya yang nyata; dalam arti kata: dapat digunakan sebagai metode yang baik untuk mengajarkan bidang bahasa arab pada tingkat sekolah menengah atas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anam, Maltuful--D02206078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMudlofir, Alimudlofir_ali@yahoo.com2016116301
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Kontrastif; pembelajaran; Terjemah Bahasa Arab; Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Mar 2020 06:46
Last Modified: 11 Mar 2020 06:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39323

Actions (login required)

View Item View Item