Sakaratul Maut dalam Al Quran: menurut penafsiran Hamka dalam Tafsir Al Azhar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Na'ima, Miftachun (2008) Sakaratul Maut dalam Al Quran: menurut penafsiran Hamka dalam Tafsir Al Azhar. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftachun Na'ima_E03303029.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian kepustakaan berjudul Sakaratul Maut Dalam Al-Qur'an (menurut penafsiran Hamka dalam Tafsir Al-Azhar) dengan menggunakan metode maudhu,iy yaitu menghimpun ayat-ayat Al-Qur'an yang mempunyai maksud yang sama dalam arti sama-sama membicarakan satu topik masalah dan menyusunnya berdasar kronologi serta sebab turunnya ayat-ayat tersebut. Pengertian sakaratul maut adalah penjelasan sakitnya saat menjelang kematian (ketika nyawa sampai kerongkongan). Menurut Isham El Saha dan Syaiful Hadi dalam buk.unya dalam bukunya yang berjudul sketsa Al-Qur' an. Adapun menurut Hamka dalam tafsir Al-Azhar sakaratul maut adalah sama dengan naza' yaitu rasa sakit dan kepayahan yang luar biasa menjelang saat-saat alcan meninggal dunia. Sakaratul maut yang selalu mendatangkan kesengsaraan, kesedihan, bahkan kenikmatan itu dapat disebabkan oleh adanya perbuatan-perbuatan manusia sendiri karena sudah tertulis di lauh mahfudz dan karena seizin Allah. Pengertian tentang sakaratul maut sangatlah penting, mengingat semua pasti akan mengalami sakaratul maut. Apalagi pada era modern seperti ini, banyak manusia yang lalai karena kenikmatan duniawi dan menuruti nafsu saja. Untuk menyikapi sakaratul maut tersebut tidak ada sikap lain kecuali instopeksi diri, beristighfar sebanyak dan sesering mungkin. Segera bertaubat dan bersabar dalam menghadapinya. Sabar dalam artian yang benar menurut Al-Qur'an adalah ketabahan jiwa dalam menghadapi segala yang menimpa dan yang tidak disukainya. Oleh karena itu dalam Skripsi ini, penulis membahas tentang pengertian sakaratul maut dalam Al-Qur'an (menurut Hamka dalam Tafsir Al-Azhar) dan hik.mah dengan adanya sakaratul maut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Na'ima, Miftachun--E03303029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorRowi, M. Roem----
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Uncontrolled Keywords: Sakaratul Maut; penafsiran Hamka; Tafsir Al Azhar
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Mar 2020 03:46
Last Modified: 11 Mar 2020 03:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39316

Actions (login required)

View Item View Item