Gerakan Politik Hizbut Tahrir Indonesia dalam perspektif Filsafat Politik Nicolo Machiavelli

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faruk, Ahmad (2020) Gerakan Politik Hizbut Tahrir Indonesia dalam perspektif Filsafat Politik Nicolo Machiavelli. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Faruk_E01215002.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini meneliti gerakan politik Hizbut Tahrir Indonesia dalam perspektif filsafat politik Niccolo Machiavelli. Gerakan politik Hizbut Tahrir Indonesia merupakan gerakan politik yang berideologi Islam. Gerakan politiknya yaitu ingin menegakkan kembali khilafah islamiah. Oleh karena itu ciri-ciri gerakan HTI selalu bernuansa Islam dan berpatokan pada Alquran dan sunnah. Mereka melihat realitas politik Indonesia yang plural dan liberal, yang mengikuti sistem negara barat dan menjadikan Indonesia sebagai negara yang jauh dari peradaban, karena tidak memakai sistem politik Islam. Maka dari itu mereka selalu merespon isu-isu politik di Indonesia yang dinilai bertentangan dengan ajaran Islam. Bahkan, mereka tidak segan melakukan segala cara untuk mengkritik sistem pemerintah Indonesia. Tujuan skripsi ini ingin menjawab sebuah pertanyaan bagaimana gerakan politik Hizbut Tahrir di Indonesia dengan analisis menggunakan filsafat politik Niccolo Machiavelli. Skripsi ini tergolong ke dalam jenis penelitian kualitatif dengan logika berfikir induktif. Dalam perspektif ini, penulis memeriksa gerakan politik Hizbut Tahrir Indonesia yang dinilai menggunakan politik bebas nilai. konsep inilah yang mendukung terjadinya gerakan-gerakan yang jauh dari nilai-nilai keislaman. Hasil analisis riset penelitian ini menegaskan bahwa terjadi ketakutan dan kekhawatiran terhadap warga negara, mengancam persatuan, dan kelangsungan hidup sebagai bangsa dan negara Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faruk, Ahmadfarukach9@gmail.comE01215002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurhayati, Aniek--2007096902
Thesis advisorRofiq, Ainur al Aminar.alamin1972@gmail.com2025067201
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Ideologi Politik
Ideologi Islam
Keywords: HTI; Politik; Machiavelli
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Ahmad Faruk
Date Deposited: 12 Mar 2020 04:27
Last Modified: 12 Mar 2020 04:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39297

Actions (login required)

View Item View Item