الموضوع و الأشخاص في مسرحية مسمار جحا لعلى أحمد باكثير

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayatulloh, Muhammad Arif (2011) الموضوع و الأشخاص في مسرحية مسمار جحا لعلى أحمد باكثير. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Arif Hidayatulloh_A01206012.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39274

Abstract

Tema dan Tokoh Dalam Drama Mismaaru Juha Karya Ali Akhmad Baktsir

Ali Akhmad Baktsir adalah seorang sastrawan kelahiran Surabaya keturunan Arab Hadlromaut, dia lahir pada 21 Desember 1910. salah satu karya beliau adalah drama Mismaaru Juha. Drama ini berkisah tentang gerakan revolusi yang dipelopori oleh Juba clan Himad. Mereka membuat kata sandi berupa Mismaar (palm) untuk menggerakkan rakyat Mesir (Kuffah dan Baghdad) dalam melawan penindasan yang dilakukan penguasa asing. Gerakan revolusi diungkapkan dengan cara yang lucu melalui tokoh Juba tapi lelucon tersebut mempunyai maksud-maksud tertentu. Sehingga pada akhimya gerakan revolusi tersebut berhasil menurunkan penguasa asing dari jabatannya. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini berkisar tentang apa yang dimaksud dengan Drama Mismaaru Juha Karya Ali Akhmad Baktsir, tema yang ada dalam Drama Mismaaru Juha Karya Ali Akhmad Baktsir, dan siapa tokoh yang ada di dalam Drama Mismaaru Juha Karya Ali Akhmad Baktsir. Berkenaan dengan itu, dalam pembahasan ini penulis menggunakan salah satu drama karya Ali Ahmad Baktsir yang berjudul Mismaaru Juha sebagai objek pembahasan dan kajian unsur-unsur intrinsik sebagai alat analisa. Selain itu penulis menggunakan beberapa metode yang meliputi pengambilan data secara langsung dan tidak langsung, kemudian penulis mengambil kesimpulan serta mengungkapkan data dalam bentuk Metode Induktif dan Metode Deduktif. Akhimya penulis menyimpulkan bahwa drama Mismaaru Juha adalah drama komedi yang terdiri dari 6 episode yang bertemakann gerakan revolusi, sedangkan tokoh-tokoh dalam drama Mismaaru Juha ada 20 tokoh clan setiap tokoh mempunyai karakter yang berbeda-beda seperti pintar, bijaksana, lucu, sabar, baik, cerewet, dan otoriter.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayatulloh, Muhammad Arif--A01206012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbdullah, Asep Abbasasepabdullah@uinsby.ac.id2029076301
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Tema; Tokoh; Drama; Mismaaru Juha
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2020 07:47
Last Modified: 06 Mar 2020 07:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39274

Actions (login required)

View Item View Item