Pengaruh metode Hiwar Qurani dan Nabawi terhadap kreativitas berpikir siswa pada mata pelajaran Quran Hadits Kelas XI di MA Maarif Mojopurno Magetan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Romlah, Romlah (2010) Pengaruh metode Hiwar Qurani dan Nabawi terhadap kreativitas berpikir siswa pada mata pelajaran Quran Hadits Kelas XI di MA Maarif Mojopurno Magetan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Romlah_D01206208.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karena masih rendahnya hasil belajar dan rendahnya tingkat keaktifan siswa, dan guru sebagai salah satu unsur dalam proses pendidikan, dituntut untuk membantu meningkatkan keberhasilan belajar para peserta didiknya dalarn upaya mencapai tujuan pendidikan nasional. Dalam hal ini yang dituntut adalah bagaimana setiap guru marnpu memaknai pembelajaran sebagai ajang pembentukan kompetensi dan perbaikan kualitas peserta didik. Dalam skripsi ini penulis akan membahas tentang bagaimana pengaruh metode Hiwar Qur 'ani dan Nabawi terhadap kreativitas berpikir siswa pada mata pelajaran Qur'an Hadits kelas XI di MA Ma'arif Mojopurno Magetan dengan tiga rumusan masalah sebagai berikut : (1) bagaimana penerapan metode Hiwar Qur 'ani dan Nabawi pada mata pelajaran Qur'an Hadits kelas XI di MA Ma'arif Mojopurno Magetan ?, (2) Bagaimana kreatifitas berpi.kir siswa pada mata pelajaran Qur'an Hadits kelas XI di MA Ma'arif Mojopurno Magetan ?, (3) Adakah pengaruh penerapan metode Hiwar Qur 'ani dan Nabawi terhadap kreativitas berpikir siswa pada mata pelajaran Qur'an Hadits kelas XI di MA Ma'arif Mojopurno Magetan ? Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa metode antara lain: metode observasi, interview, dokumentasi, dan angket. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah teknik kuantitatif korelasional, yaitu data yang diperoleh adalah berupa angka dan peneliti berusaha mencari hubungan antara dua variabel yaitu pengaruh penerapan metode Hiwar Qur 'ani dan Nabawi dengan kreativitas berpikir siswa pada mata pelajaran Qur'an Hadits. Berdasarkan analisis, diperoleh hitungan rxy = 0,444 dan df = 43 pada taraf signifikansi 5% adalah 0, 304 dan pada taraf signi.fikasi 1% adalah 0, 393 dengan jumlah responden 45 siswa Jadi, r hitung lebih besar dari pada r tabel berarti Hipotesis Altematif (Ha) yang berfungsi yaitu adanya korelasi antara penerapan metode Hiwar Qur 'ani dan Nabawi dengan kreativitas berpikir siswa diterima, sedangkan Hipotesis nol (Ho) ditolak. Kemudian korelasi penerapan metode Hiwar Qur 'ani dan Nabawi pada mata pelajaran Qur'an Hadits kelas XI di MA Ma'arif Mojopumo Magetan adalah sedang atau cukup. Hal ini berdasarkan tabel interpretasi nilai "r'', dimana r hitung 0,444 berada antara 0,400 sampai dengan 0,700 yang berarti terdapat korelasi yang sedang atau cukup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Romlah, Romlah--D01206208
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorFuad, Ah. Zakkizakkif@gmail.com2027047401
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode Hiwar Qurani; metode Nabawi; kreativitas berpikir siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Mar 2020 03:46
Last Modified: 04 Mar 2020 03:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39255

Actions (login required)

View Item View Item