Faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan kontribusi peserta pada Perusahaan Asuransi Syariah di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

ISTIQOMAH, ANISA (2020) Faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan kontribusi peserta pada Perusahaan Asuransi Syariah di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anisa Istiqomah_ G94216090.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan kontribusi peserta pada perusahaan asuransi syariah di Indonesia pada tahun 2015-2018. Faktor-faktor yang diteliti adalah biaya operasional, hasil investasi, klaim dan dana tabarru’ minimum berbasis resiko sebagai variabel independen dan kontribusi peserta sebagai variabel dependen. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Asuransi Umum Syariah selama periode 2015-2018 yang menjadi anggota Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) dan terdaftar resmi di OJK dan BEI. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan syariah yang telah di publikasikan dan pemilihan sampel menggunakan tekhnik purposive sampling. Jumlah data sebanyak 11 perusahaan dengan pengamatan selama empat tahun sehingga diperoleh 44 data amatan yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini. Sebelum dilakukan analisis data, dilakukan pengujian prasyarat yaitu uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, dan uji heterokedastisitas. Metode analisis untuk pengujian hipotesis adalah analisis regresi data panel. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan bantuan program Eviews. Berdasarkan hasil pengujian statistik menunjukkan secara parsial variabel biaya operasional, klaim, dan dana tabarru’ minimum berbasis risiko secara signifikan berpengaruh positif terhadap kontribusi peserta. Sehingga membuktikan bahwa semakin tinggi biaya operasional, klaim dan dana tabarru’ minimum berbasis resiko maka akan mempengaruhi penentuan kontribusi peserta. Adapun untuk hasil investasi tidak berpengaruh terhadap penentuan kontribusi peserta dikarenakan bisa jadi dana tersebut dialokasikan untuk meningkatkan aset.
Hasil pengujian statistik secara simultan biaya operasional, hasil investasi, klaim, dana tabarru minimum berbasis risiko bepengaruh terhadap kontribusi peserta. Penelitian selanjutnya diharapkan memperluas variasi variabel independen yang mungkin berpengaruh pada kontribusi peserta.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
ISTIQOMAH, ANISAaanisaistiqomah@gmail.comG94216090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorFitrianto, Achmad Roomar.fitrianto@uinsby.ac.id2027067701
Subjects: Asuransi Islam
Uncontrolled Keywords: kontribusi peserta, biaya operasional, hasil investasi, dana tabarru minimum berbasis resiko, perusahaan asuransi syariah Indonesia
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: anisa istiqomah istiqomah
Date Deposited: 11 Mar 2020 06:46
Last Modified: 11 Mar 2020 06:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39254

Actions (login required)

View Item View Item