Implementasi standar proses pembelajaran: studi analisis Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 pada bidang studi PAI di SMP Walisongo Sembayat Manyar Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Nur Aini (2010) Implementasi standar proses pembelajaran: studi analisis Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 pada bidang studi PAI di SMP Walisongo Sembayat Manyar Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Aini Hasanah_D31206027.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pendidikan yang bermutu dapat meningkatkan outcome sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk menghasilkan outcome yang bermutu tinggi perlu adanya penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas yang mampu mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat. Dari kebutuhan akan pendidikan yang berkualitas tersebut pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang mencakup Standar isi, Standar proses, Standar kompetensi lulusan, Standar pendidik dan tenaga kependidikan, Standar sarana dan prasarana, Standar pengelolaan, Standar pembiayaan dan Standar penilaian pendidikan. Serta Penetapan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 tentang ke delapan Standar Nasional Pendidikan tersebut dalam rangka pelaksanaan PP Nomor 19 Tahun 2005. Dari kedelapan Standar Pendidikan tersebut, Standar Proses memiliki peran yang sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Standar proses adalah Standar Nasional Pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satu satuan pendidikan untuk mencapai Standar kompetensi lulusan. Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 Pasal 1, memuat bahwasarmya Standar Proses untuk satuan pendidikan dasar dan menengah mencakup perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian proses pembelajaran dan pengawasan proses pembelajaran. Penelitian yang dilaksanakan di SMP Walisongo Sembayat ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan standar proses yang mencakup perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian proses pembelajaran dan pengawasan proses pembelajaran. Serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan standar proses pada pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Adapun format penilaiarmya menggunakan format observasi check list dengan skala prosentase yang kemudian dideskripsikan dengan analisis kualitatif. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung analisis data sehingga dapat diketahui dengan mudah sejauh mana pengimplementasian Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 standar proses pada pembelajaran PAI di SMP Walisongo Sembayat. Kesimpulan penelitian bahwa pelaksanaan standar proses pada pembelajaran PAI di SMP Walisongo Sembayat telah terlaksana dengan baik meskipun masih terdapat beberapa komponen standar proses yang belum tercapai secara keseluruhan. Diharapkan seiring berjalannya waktu penerapan Standar Proses sebagai salah satu Standar Nasional Pendidikan mampu membawa pendidikan Indonesia menjadi lebih bermutu dan merata.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Nur Aini--D31206027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorTolchah, Moch.mochtolchah@yahoo.com2005035301
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Standar proses pembelajaran; Peraturan Menteri Pendidikan Nasional; Pendidikan Nasional
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Mar 2020 08:46
Last Modified: 02 Mar 2020 08:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39240

Actions (login required)

View Item View Item