الموضوعات في قصة حى بن يقظان لابن طفيل: دراسة الفكرة الأدبية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Waris, M. Sholihudin Abdul (2010) الموضوعات في قصة حى بن يقظان لابن طفيل: دراسة الفكرة الأدبية. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Sholihudin Abdul Waris_A21206054.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39234

Abstract

Naskah Hay bin Yakdzan karya lbnu Thufail memuat dua bagian penting. Pertarna adalah kornentar tentang beberapa pernikiran filsafat para ilmuwan terdahulu, dan bagian kedua adalah cerita utuh kehidupan Hay bin Yakdzan. Dalam pembahasan ini, penulis mengkaji ide cerita Hay bin Yakdzan dengan fokus tema-tema yang muncul dalam cerita. Beberapa pengkaji yang penulis temui sebelumnya, meski juga meneliti ide cerita, namun tidak secara khusus mengkaji cerita dari sisi tema. Tujuan pembahasan ini, penulis ingin rnenghidupkan kekayaan turats Muslim, dan secara lebih khusus menyingkap sebagian dari kekayaan satu­satunya karya ilmuwan besar Andalusia, lbnu Thufail. Penulis menggunakan metode analisis tematik sebagai berikut: Pertama, melakukan pembacaan langsung terhadap cerita. Kedua, mengumpulkan beberapa komentar dari para pengkaji terdahulu (termasuk Ahmad Amin dan Abdul Halim Mahmud). Ketiga, membuat tahap-tahap perkemba ngan intelektual dan kejiwaban sang tokoh untuk menganalisis tema-tema ilmiah umum yang terkandung pada setiap tahap, kemudian, langkah terakhir adalah pema paran hasil analisis tersebut. Temuan hasil penelitian ini menu njukkan bahwa: (1) kisah Hay bin Yakdzan berasal dari kisah karya lbnu Sina berjudul Hay bin Yakdzan, kemudian Syahrawardi dan disusul oleh lbnu Thufail turut serta membuat kisah bercorak filsafatis dengan sama-sama mengangkat tokoh bernama Hay bin Yakdzan. (2) Hampir semua kritikus sepakat, kisah Hay bin Yakdzan karya lbnu Thufail memiliki kedudukan yang paling penting clan paling baik diantara ketiganya, baik dari segi keutuhan ide, maupun dari segi bentuk ceritanya sebagaimana struktur cerita-cerita modern. (3) Dalam kisah Hay bin Yakdzan karya Ibnu Thufail, tersirat beragam tema cabang ilmu linguistik, filsafat, moral, kedokteran, biologi, dan sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Waris, M. Sholihudin Abdul--A21206054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamid, Mas'anmasanhamid@uinsby.ac.id2012125502
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Tema Cerita; Hay bin Yakdzan; Ibnu Thufail
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Mar 2020 03:26
Last Modified: 02 Mar 2020 03:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39234

Actions (login required)

View Item View Item