قصة بداية و نهاية لنجيب محفوظ: دراسة أدبية اجتماعية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifah, Siti (2010) قصة بداية و نهاية لنجيب محفوظ: دراسة أدبية اجتماعية. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Arifah_A01206035.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39221

Abstract

Kajian karya sastra dapat dianalisis dari beberapa segi yaitu kajian intrisik, kajian ekstrinsik dan lebih khusus lagi ada kajian psikologi sastra, kajian sosiologi sastra dan kajian antropologi sastra, serta masih banyak lagi ragam kajian sastra yang lain. Dalam cerita Awai dan akhir terdapat banyak unsur sastra, seperti, psikologi sastra, sosiologi sastra, dan antropologi sastra. Oleh karena itu pada sekripsi ini penulis lebih memfokusksn pada kajian sosial. Tujuan dari pembahasan ini adalah untuk mengungkap unsur sosial yang ada dalam novel Awal dan akhir. Sehingga focus permasalahan yang dibahas pada sekripsi ini adalah: Siapakah Najib Mahfudz? Bagaimanakah isi dan ringkasan novel Awal dan Akhir? Bagaimanakah gambaran unsur sosial yang ada pada novel Awal dan Akhir? Adapun metode yang digunakan dalam memahami judul tersebut adalah pendekatan ilmu sosiologi sastra. Sehingga temuan hasil penelitian menjelaskan bahwa: Najib Mahfudz adalah seorang sastrawan Mesir yang menulis beberapa karya sastra sampai dia berhasil meraih pengahargaan Nobel pada tahun 1988 atas karyanya kebanyakan karya sastra Najib Mahfudz membahas tentang masalah politik, ekonomi, sosial, budaya dan sejarah. Novel Awal dan Ahir adalah novel yang berisi tentang kehidupan keluarga Mesir yang hidup dalam kemiskinan dan penderitaan setelah kematian ayah mereka yang bernama Kamal Efendi Ali, sampai akhirnya cerita ini berakhir dengan kematian dua bersaudara anak Kamel Efendi Ali yang bernama hassanein dan Nafisah karena bunuh diri. Adapun tema dari novel ini adalah" Awal penderitaan di dunia adalah kemiskinan dan Akhir dari penderitaan di dunia adalah kematian. Unsur sosial yang ada dalam novel Awal dan Akhir adalah adanya interaksi sosial antara kaum atas dengan kaum bawah, adanya stratifikasi sosial antara kaum kaya dengan miskin, adanya masalah-masalah sosial, seperti kemiskinan, kriminalitas, diskriminasi kaum perempuan, pelacuran dan masalah bunuh diri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifah, Siti--A01206035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamid, Mas'anmasanhamid@uinsby.ac.id2012125502
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Novel; cerita awal dan akhir; Najib Mahfudz; sosiologi sastra
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Feb 2020 07:52
Last Modified: 28 Feb 2020 07:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39221

Actions (login required)

View Item View Item