Strategi pedagang pasar tradisional untuk mempertahankan praktik jual beli barter dalam perspektif ekonomi syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khakim, Luqmanul (2020) Strategi pedagang pasar tradisional untuk mempertahankan praktik jual beli barter dalam perspektif ekonomi syariah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luqmanul Khakim_G74215154.pdf

Download (10MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Strategi Pedagang Pasar Tradisional Untuk Mempertahankan Praktik Jual Beli Barter Dalam Perspektif Ekonomi Syariah” penelitian ini dilatar belakangi karena masih adanya praktik jual beli barter yang dilakukan oleh antar sesama pedagang maupun warga yang ada di Pasar Tradisional Desa Ngrojo Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban, karena sangat bertolak belakang dengan keadaan saat ini yang serba modern dimana transaksi jual beli sudah menggunakan uang sebagai alat tukar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), penelitian ini bersifat deskriptif, dimana data-data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif. Untuk memperoleh data yang diperlukan. Penulis melakuan observasi, dokumentasi dan wawancara secara langsung kepada sebagian pedagang Pasar Tradisional Desa Ngrojo Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban yang masih melakukan praktik barter. Hasil penelitian ini yaitu masyarakat melakukan praktik barter ini dengan alasan kemudahan dalam bertransaksi, karena tanpa harus menggunakan uang, dan barang yang ditukarkan ditentukan nilai harganya dengan satuan rupiah dan adanya negosiasi diantara kedua belah pihak. Dapat kita lihat tidak ada strategi yang secara khusus dilakukan pedagang di Pasar Tradisional Desa Ngrojo Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban untuk mempertahan pratik jual beli barter ini, namun terdapat beberapa strategi yang sebenarnya ada pada saat mereka melakukan transaksi tersebut, diantaranya adalah: pertama: Strategi Produk, Kedua: Startegi Harga. Kerena praktik barter sudah menjadi tradisi awal para pedagang yang ada di Pasar Tradisional Desa Ngrojo Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban tersebut, tradisi sangat mempengaruhi terhadap kelangsungan kebudaayan itu. Maka dari itu tradisi barter masih ada dan masih bertahan sampai saat ini. Untuk pihak pengelola agar lebih memperhatikan dan memajukan pasar baik dari segi transaksi maupun fasilitas. Untuk masyarakat baik penjual ataupun pembeli agar lebih jeli dalam melakukan praktik jual beli barter, sebelum melakukan transaksi jual beli barter masyarakat harus mengetahui harga standar yang ada dipasar agar kemudian hari tidak ada yang dirugikan. Agar lebih mengedepankan kejujuran dan keterbukaan dalam praktik jual beli tanpa melanggar nilai-nilai yang diperbolehkan untuk mengambil keuntungan dalam praktik jual beli barter.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khakim, LuqmanulLuqmanrine@gmail.comG74215154
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMugiyati, Mugiyatimugiyati@uinsby.ac.id2026027101
Subjects: Dagang
Jual Beli
Manajemen Strategi
Keywords: Strategi; Pasar Tradisional; Jual Beli Barter
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Luqmanul Khakim
Date Deposited: 28 Feb 2020 07:30
Last Modified: 28 Feb 2020 07:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39205

Actions (login required)

View Item View Item