Sistem pembelajaran Bahasa Arab di Uin Sunan Ampel Surabaya Tahun 2011-2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, M. Syamsul and Riyadi, Abdul Kadir and Arifin, Sirajul and Munir, Misbahul and Thoriqussuud, Muhammad and Mukriyati, Hasymiyatul (2015) Sistem pembelajaran Bahasa Arab di Uin Sunan Ampel Surabaya Tahun 2011-2015. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sistem Pembelajaran Bahasa Arab_Syamsul Huda.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran bahasa merupakan suatu sistem yang kompleks terdiri dari rangkaian komponen yang saling kait mengkait. Oleh karena itu, pelaksanaan pembelajaran bahasa membutuhkan perencanaan yang jelas dan tuntas. Sistem Pembelajaran Kemahiran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah baik Kemahiran mendengar, berbicara, membaca dan menulis saat ini masih banyak berbasis struktural. Penelitian ini bertujuan untuk:1) Mendeskrisikan dan menganalisis pelaksanaan Sistem Pembelajaran Bahasa Arab di MAN 1 Bojonegoro, MAN 2 Madiun dan MAN 3 Malang,2) Mendeskrisikan dan menganalisis kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Sistem Pembelajaran Bahasa Arab dan Upaya yang dilakukan di MAN 1 Bojonegoro, MAN 2 Madiun dan MAN 3 Malang Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif atau penelitian lapangan (field research). Sumber data pada penelitian ini adalah guru pengampu Bahasa arab di MAN 1 Bojonegoro, MAN 2 Madiun dan MAN 3 Malang. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian serta instrument di atas adalah 1) Sistem Sistem pembelajaran kemahiran bahasa Arab di MAN Model (MAN Model Bojonegoro, MAN 2 Madiun, dan MAN 3 Malang memiliki komponen-komponen yaitu kurikulum yang sama di semua sekolah yakni KTSP dan Kurikulum 2013 dengan system terpadu atau Integrated System atau All in One System, sedangkan dalam bahasa Arab disebut Nizâmul Wahdah., MAN Model Bojonegoro, MAN 2 Madiun dan MAN 3 Malang sama-sama menggunakan materi dari buku milik kementerian agama, Untuk metode pembelajaran, guru di MAN Model Bojonegoro masih dominan menggunakan pendekatan behavorisme Tetapi guru Bahasa arab di MAN 2 Madiun dan MAN 3 Malang sebagian sudah menggunakan pendekatan konstruktivisme, Proses Pembelajaran kemahiran Bahasa Arab di tiga sekolah model terebut cukup variatif, Ketiga Madrasah Model masih sangat minim dalam menggunakan media untuk menunjang pembelajaran mereka dengan alasan terlalu rumit, Ketiga Madrasah Model masih belum memenuhi prinsip komprehensif atau menyeluruh dalam hal evaluasi, Guru pengampu pelajaran bahasa Arab di MAN Model Bojonegoro, MAN 2 Madiun dan MAN 3 Malang merupakan guru-guru yang sudah dianggap menguasai materi pelajaran yang mereka ampu sesuai dengan standar pedagogi, sebab mayoritas guru pengampu pelajaran bahasa Arab di di tiga madrasah tersebut memiliki latar belakang pendidikan lulusan S1 dan S2 Pendidikan Bahasa Arab. 2) Kendala yang muncul dalam proses pembelajaran cenderung sama di tiga sekolah yakni: Pertama, siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menguasai materi pelajaran Bahasa arab, Kedua, sumber dan media pembelajaran kemahiran Bahasa arab di tiga sekolah tersebut kurang variatif, Ketiga,kurikulum 2013 yang masih baru membuat para guru kesulitan dalam menerapkannya karena sudah terbiasa menggunakan KTSP. Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut para guru melakukan berbagai upaya diantaranya guru memperbanyak

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, M. Syamsulsamuda70@yahoo.com2029037201
Riyadi, Abdul Kadirriyadi.abdulkadir@gmail.com2013087003
Arifin, Sirajulsirajul.arifin@uinsby.ac.id2014057001
Munir, Misbahulmmunir67@gmail.com2001126701
Thoriqussuud, Muhammadthoriqussuud@uinsby.ac.id2018118001
Mukriyati, HasymiyatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisor., ...
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendidikan; Bahasa Arab; UIN Sunan Ampel; Surabaya
Divisions: Karya Ilmiah > Laporan Penelitian
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2020 09:20
Last Modified: 26 Feb 2020 09:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39191

Actions (login required)

View Item View Item