Pendekatan dalam proses belajar perspektif Imam Al Ghazali: kajian Kitab Ayyuha al Walad fi Nasihati al Mutaallimin wa Mawizatihim Liyalamil wa Yumayyizu Ilman Nafian min Gayrihi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muchtaruddin, Abd (2010) Pendekatan dalam proses belajar perspektif Imam Al Ghazali: kajian Kitab Ayyuha al Walad fi Nasihati al Mutaallimin wa Mawizatihim Liyalamil wa Yumayyizu Ilman Nafian min Gayrihi. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abd Muchtaruddin_D01206202.pdf

Download (6MB)

Abstract

Sejak pertama kali Allah menciptakan manusia (Adam), Allah kemudian menegaskan akan peran dan keutamaan ilrnu dan orang yang berilmu ketimbang apa dan siapapun. Malaikat yang kesohor dengan makhluk Allah yang taat dan tidak pernah maksiat kepadaNya, bertekuk lutut di depan Adam berkat kecanggihan yang dimilikinya (baca: ilmu dan akal). Kecuali itu, ilmu juga merupakan petunjuk dan jalan akan suatu perbuatan. Manusia yang tidak memiliki ilmu pengetahuan tidak akan mampu menjalankan tugas yang diembannya sebagai kahlifah di muka bumi. Manusia tidak akan bisa mendayagunakan sumber daya alam seperti laut dan darat, tanpa dibekali dengan disiplin ilmu yang mumpuni. Karena itu, Islam kemudian mewajibkan umatnya untuk menuntut ilmu atau belajar. Dengan sebab belajar manusia bisa maju dan memiliki kemempuan untuk membangun peradabannya. Nah, agar dalam proses belajar berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan, maka ada beberapa hat yang perlu diperhatikan oleh siswa. Salah satunya adalah aspek pendekatan yang digunakan dalam belajar. Pendekatan dalam proses belajar sangat menentukan tingkat keberhasilan siswa dalam belajar. Banyak dijumpai bahwa siswa yang memiliki kemampuan di atas rata-rata namun hanya mencapai hasil yang sama dengan yang dicapai oleh teman-temannya yang lain. Sebaliknya, seorang siswa yang sebenamya hanya memiliki kemampuan ranah cipta rata-rata atau sedang, dapat mencapai puncak prestasi yang memuaskan lantaran menggunakan pendekatan atau strategi yang efektif dan efisien dalam belajamya. Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dengan judul "Pendekatan dalam Proses Belajar Perspektif Imam Al-Ghazali: Kajian Kitab Ayyuha al-Walad fi Nasihati al-Muta'allimin wa Maw'izatihim Liya'lamil wa Yumayyizu '!Iman Nafi'an min Gayrihi."

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muchtaruddin, Abd--D01206202
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
TeacherFuad, Ah. Zakkizakkif@gmail.com2027047401
Subjects: Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pendekatan belajar; proses belajar; Imam Al Ghazali
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2020 03:31
Last Modified: 24 Feb 2020 03:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39166

Actions (login required)

View Item View Item