Implementasi Metode Murojaah pada pembelajaran hafalan Al Quran di SDIT Insan Kamil Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Utomo, Sapta Eka Suci (2010) Implementasi Metode Murojaah pada pembelajaran hafalan Al Quran di SDIT Insan Kamil Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sapta Eka Suci Utomo_D21206285.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dalam kehiduan sehari-hari banyak orang yang menghafalkan Al-Qur'an. Banyak pula metode yang dipakai untuk menghafalkannya salah satu metode yang dipakai oleh penghafal Al-Qur'an adalah metode muroja’ah, metode muroja’ah adalah metode mengulang-ulang kembali hafalannya karena dalam hadist riwayat Bukhari dan Muslim dijelaskan "sesungguhnya, perumpamaan penghafal Al-Qur'an itu seperti pemilik unta yang kuat. Jika pemilik itu menjaga, tentu ia menahannya. Akan tetapi, jika ia melepaskannya, tentu unta itu akan kabur". Berangkat dari hadits ini penulis tertarik ingin melakukan penelitian tentang metode muroja'ah pada pembelajaran hafalan Al-Qur'an. Karena dengan menggunakan metode ini para penghafal Al-Qur'an mudah untuk menghafalkannya. dalam skripsi mt akan membahasa masalah "Implementasi Metode Muro}a 'ah pada Pembelajaran Hafalan Al-Qur'an di SDIT Insan Kami! Sidoarjo".Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana implementasi metode muroja’ah pada pembelajaran hafalan Al-Qur'an di SDIT lnsan Kami! Sidoarjo. Skipsi ini adalah basil penelitian lapangan menggunakan metode kualitatif deskriptif, untuk mengetahui implementasi metode muroja’ah pada pembelajaran hafalan Al-Qur'an di SDIT Inasan kamil Sidoarjo. Metode ini berangkat dari suatu teori, gagasan para ahli, ataupun pemahaman peneliti berdasarkan pengalaman, kemudian dikembangkan berdasarkan pengalamannya yang diajukan untuk memperoleh pembenaran dalam bentuk dukungan data dilapangan. Dalam penelitian ini peneliti menemukan banyak kekurangan dari seorang guru Al-Qur'an dalam mengajarkan hafalan Al-Qur'an dengan menggunakan metode muroja’ah di SDIT Insan Kami! Sidoarjo. Baik dari tata cara muroja'ah dan metode yang dipakai belum dilaksanakan dengan baik. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi metode muroja'ah pada pembelajaran hafalan Al-Qur'an adalah pelaksanaan metode menghafal dengan cara mengulang-ulang kembali bacaannya yang bertujuan agar mudah diingat. Dalarn pelaksanaan metode muroja'ah pada pembelajaran hafalan Al-Qur'an di SDIT Insan Kami! Sidoarjo belum murni dilaksanakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Utomo, Sapta Eka Suci--D21206285
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
TeacherMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2005076701
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode belajar; Murojaah; hafalan Al Quran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2020 02:56
Last Modified: 24 Feb 2020 02:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39162

Actions (login required)

View Item View Item