Kendali mutu pendidikan melalui peningkatan kinerja guru Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri Rengel Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ghozali, Imam (2010) Kendali mutu pendidikan melalui peningkatan kinerja guru Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri Rengel Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imam Ghozali_D01206106.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan yang bermutu dalam arti menghasilkan lulusan yang sesuai dengan harapan masyarakat, baik dalam kualitas pribadi, moral, peagetahuan maupun kompetensi kerja menjadi syarat mutlak dalam kehidupan masyarakat global yang terns berkembang saat ini dan yang akan datang. Untuk itu saat ini banyak sekali konsep yang ditawarkan untuk mengelola lembaga agar menghasilkan lulusan yang bermutu. MTs Negeri Rengel adalah salah satu lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan. Lembaga ini fokus pada mutu, baik output maupun elemen-elemen yang mendukung proses pendidikan. Manajemen mutu di lembaga ini adalah dengan memperbaiki, mengelola, dan mengontrol segala yang ada baik siswa, guru dan pendukung kegiatan pembelajaran yaitu kurikulum, dan sarana prasarana sesuai dengan kebutuhan kegiatan pembelajaran. Salah satu yang menjadi fokus adalah guru PAI. Kinerja guru PAI di lembaga ini sangat baik hal itu ditandai dengan proses pembelajaran yang lancar. Semua itu karena adanya rasa tanggung jawab dan komitmen yang tinggi dari mereka. Selain itu kepala sekolah sebagai seorang manajer memberikan motivasi dan juga kebebasan untuk selalu berkreasi dalam mellrukan pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kendali mutu pendidikan di MTs Negeri Rengel? bagaimana peningkatan kinerja guru PAI di MTs Negeri Rengel? bagaimana kendali mutu pendidikan melalui peningkatan kinerja guru PAI di MTs Negeri Rengel? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan data yang diperoleh melalui metode tersebut dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, •dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. kendali mutu pendidikan di MTs Negeri Rengel berangkat dari visi, misi madrasah, selanjutnya madrasah menetapkan target yang ingin dicapai oleh madrasah dan selanjutnya menyusun kiat-kiat untuk mencapai target tersebut dengan harapan semua yang telah di targetkan dapat tercapai. 2. peningkatan kinerja guru PAI sangat signifikan hal itu dilakukan oleh kepala sekolah dengan memberikan motivasi secara individu, supervisi dan pemberian kompensasi, dan program sekolah adalah memberikan pelatihan yang terkait dengan kelancaran proses pembelajaran antara lain pelatihan administrasi pembelajaran serta adanya komitmen yang kuat dari masing-masing pihak dalam meningkatkan kinerja guru PAI. 3. kendali mutu pendidikan melalui peningkatan kinerja guru PAI• di MTs Negeri Rengel dapat dikatakan berjalan dengan baik, akan tetapi masih ada kendala pada kinerja guru dalam proses pembelajaran, yaitu masalah administrasi pembelajaran yang masih kurang dikuasai oleh sebagian guru PAI.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ghozali, Imam--D01206106
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Uncontrolled Keywords: Kendali mutu pendidikan; peningkatan kinerja; kinerja guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2020 07:39
Last Modified: 21 Feb 2020 07:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39156

Actions (login required)

View Item View Item