Pengaruh metode pembelajaran Brainstorming terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih Kelas VIII di SMP YPM 5 Driyorejo Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Insiyah, Fidha (2010) Pengaruh metode pembelajaran Brainstorming terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih Kelas VIII di SMP YPM 5 Driyorejo Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fidha Insiyah_D21206255.pdf

Download (4MB)

Abstract

Guru merupakan orang yang sangat penting dalam proses belajar mengajar tertentunya mengetahui berbagai pengaruh yag mengitari dalam melaksanakan tugasnya. Metode pembelajaran brainstorming adalah suatu cara pembelajaran yang dilakukan dalam kelompok yang peserta didiknya memiliki latar belakang, pengetahuan, dan pengalaman yang berbeda-beda. Dalam skripsi ini penulis membahas tentang pengaruh penggunaan metode pembelajaran brainstorming terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di SMP YPM 5 Driyorejo, dengan tiga rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana penerapan atau pelaksanaan metode pembelajaran brainstorming terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di SMP YPM 5 Drriyorejo? 2. Bagaimana kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di SMP YPM 5 Driyorejo? 3. Adakah pengaruh metode pembelajaran brainstorming terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di SMP YPM 5 Driyorejo? Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa metode antara lain: metode observasi, interview, angket dan dokumentasi. Adapun untuk menjawab rumusan masalah pertama dan kedua peneliti menggunakan rumus prosentase yang kemudian dideskripsikan, sedangkan untuk menjawab rumusan masalah yang ketiga peneliti menggunakan rumus product moment. Berdasarkan hasil penyajian data dan analisis data, diperoleh metode pembelajaran brainstorming yang dilaksanakan di SMP YPM 5 Driyorejo adalah tergolong baik. Hal ini terbukti dari data angket yang sudah dianalisis dengan basil prosentase 79,25% terletak antara 76-100%. Adapun tentang kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran fiqih tergolong baik. Hal ini terbukti dari data angket yang sudah dianalisis dengan basil prosentase 76% terletak antara 76-100%. Ada pengaruh tentang penggunaan metode pembelajaran brainstorming terhadap kemandirian belajar siswa. Hal ini terbukti berdasarkan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product moment yang menghasilkan nilai rxy = 0,454. Jika dikonsultasikan dengan tabel r product moment dengan df = 38 pada taraf signifikasi 5% = 0,320, sedangkan pada taraf signifikasi 1% = 0,413. Berarti rxy > dari r tabel (rxy>rt) baik pada taraf signifikasi 5% maupun 1%. Dengan hasil rxy = 0,454 besarnya nilai rxy apabila diinterprestasikan pada standart rxy product moment terletak antara 0,40 - 0,70 sehingga pengaruh yang ada cukup atau sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Insiyah, Fidha--D21206255
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
TeacherRubaidi, Rubaidi--2010067101
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode belajar; Brainstorming; belajar mandiri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2020 07:20
Last Modified: 21 Feb 2020 07:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39154

Actions (login required)

View Item View Item