Studi komparatif perilaku siswa SMA Negeri 1 Gedangan dengan MA Negeri Sidoarjo dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yulizah, Siti (2010) Studi komparatif perilaku siswa SMA Negeri 1 Gedangan dengan MA Negeri Sidoarjo dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Yulizah_D31206057.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39149

Abstract

Pada dasarnya perilaku adalah suatu kesadaran individu yang menentukan perbuatan-perbuatan nyata ataupun perbuatan yang akan dilakukan dengan mempunyai tujuan tertentu sesuai dengan norma-norma yang ada. Perilaku juga mempunyai arti sebagai organisas.i yang tetap dari proses motivasi, emosi, persepsi atau pengamatan atas suatu aspek dari keadan dilingkungan sekolah dan perilaku ini juga mudah dipengaruhi oleh keadaan disekitamya, dalam hal ini perilaku yang dimaksud adalah perilaku motorik yang berupa gerak-gerik siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah suatu proses atau usaha yang brtujuan untuk mengadakan didalam diri seseorang, yang mencakup perubahan tingkah laku melalui latihan, ketrampilan dan pengalaman, dalam hal ini perubahan tersebut bukan hanya perubahan secara lahir, akan tetapi juga perubahan secara batin dan bukan hanya perubahan tingkah laku yang nampak, yang nantinya perubahan tersebut dapat menuju kearah kemajuan atau kearah perbaikan perilaku siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Proses pembelajaran juga dapat diartikan sebagai proses ind ivid u mengubah perilaku dalam upaya untuk memenuhi kebutuhannya, yang mana seoramg siswa akan melakukan kegiatan belajar apabila ia menghadapi situasi kebutuhan, kebutuhan tersebut adalah kebutuhan yang dapat dipenuhi dengan refleks atau insting (naluri), proses pembelajaran ini dapat dipenuhi dengan adanya kebiasaan, dan untuk mendapatkan suatu perilaku yang baru siswa harus dengan proses pembelajaran. Pokok permasalahan yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana gambaran perilaku siswa SMA Negeri 1 Gedangan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di lingkungan sekolah? 2. Bagaimana gambaran perilaku siswa MA Negeri Sidoarjo dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di lingkungan sekolah? 3. Adakah perbedaan prilaku antara siswa SMA Negeri I Gedangan dengan siswa MA Negeri Sidoarjo dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di lingkungan sekolah? Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti memilih jenis penelitian kualitatif. Karena penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang untuk memperoleh kebenaran. serta purposive sampling dalam menentukan responden penelitian. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Dalam penelitian kualitatif ini, analisis data dilakukan secara induktif yaitu suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh yang selanjutnya dikembangkan. Analisis data dimulai dari fakta empiris, bukan dari teori terlebih dahulu. Dan proses analisisnya dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data. Analisa yang digunakan lebih bersifat deskriptif analistik. Sehingga interpretasi terhadap ini dibuat dan disusun secara menyeluruh dan sistematis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yulizah, Siti--D31206057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholeh, Moh.--2009125901
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Perilaku
Keywords: Perilaku siswa; proses pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2020 03:18
Last Modified: 21 Feb 2020 03:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39149

Actions (login required)

View Item View Item