Hubungan antara kecerdasan emotional dengan kreativitas belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMPN 25 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aliyah, Nur (2010) Hubungan antara kecerdasan emotional dengan kreativitas belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMPN 25 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Aliyah_D01206105.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan yang sangat menentukan bagi perkembangan dan perwujudan diri individu, terutama bagi pembangunan bangsa dan Negara. Kecerdasan emosi merupakan salah satu yang harus dimiliki setiap individu, selain kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual, karena kecerdasan emosi seseorang individu itu akan memiliki kesadaran dini, empati yang tinggi. kemampuan memecahkan masalah dan memiliki ketrampilan bersosial. Kemampuan siswa dalam menghadapi permasalahan- permasalahan hidupnya dapat lebih terarah jika nalar kreatif siswa juga diasah. Mengapa demikian? karena kreativitas adalah salah satu kemampuan manusia yang dapat dikembangkan, yang tentu saja berbeda dengan bakat. Seorang siswa yang kreatif cenderung berfikir divergen, artinya siswa yang kreatif mampu berfikir secarah luas dan tidak hanya memandang suatu permasalahan dari satu sudut pandang saja. Karena kecerdasan emosi dan kreativitas belajar anak saling berhubungan dimana keduanya adalah saling berhubungan, dimana keduanya adalah penunjang kemajuan belajar siswa. Penelitian ini untuk mengetahui ada tidanya hubungan antara kecerdasan emotional dengan kreativitas belajar siswa pada bidang study PAI di SMPN 25 Surabaya, oleh karena itu penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Adapun populasinya siswa siswi SMPN 25 surabaya dengan menggunkn rumus Product moment. Adapun hasil yang diperoleh setelah menganalisa dan menggunkan uji statistic, diperoleh hasil Berdasarkan perhitungan, dapat diketahui bahwa rxy = 0,91 langkah selanjutnya adalah membandingkan r hitung dengan r tabel dengan terlebih dahulu mencari nilai df yang rumusnya adalah df = N- nr, yaitu df = 40 - 2 = 38 setelah itu memeriksa r tabel temyata pada df sebesar 38 dengan taraf signifikan 5% diperoleh r tabel adalah 0,304 dan taraf signifikan 1% diperoleh r tabel 0,393 sedangkan r hitung adalah 0,91 dengan demikian r hitung lebih besar daripada r tabel. Hal ini menunjukkan bahwa adanya hubungan antara kecerdasan emosi dengan kreatifitas belajar siswa pada bidang study PAI di SMPN 25 Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aliyah, Nur--D01206105
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSubhan, Fautifauti_subhan@gmail.com2010105402
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emotional; kreativitas belajar siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2020 03:03
Last Modified: 21 Feb 2020 03:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39148

Actions (login required)

View Item View Item